Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Gim AAA, Fokus Bisnis Telkomsel Ekosistem Digital

Perusahaan baru bentukan PT Telekomunikasi Selular dengan PT Telkomsel Ekosistem Digital akan fokus dalam mengembangkan sejumlah layanan digital, salah satunya video games.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 03 Januari 2022  |  09:19 WIB
Logo Telkomsel. - Istimewa
Logo Telkomsel. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Gebrakan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) untuk merambah ke industri gim patut ditunggu. Demi merealisasikan ini, Telkomsel bersama PT Telkomsel Mitra Inovasi membentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital (TED). 

Perusahaan baru tersebut akan fokus dalam mengembangkan sejumlah layanan digital, salah satunya video games

Dalam keterbukaan informasi, manajemen PT Telkom Indonesia Tbk., yang merupakan induk dari Telkomsel, menyampaikan pendirian Telkomsel Ekosistem Digital memiliki tujuan untuk fokus dalam pengembangan game

Telkom, melalui Telkomsel dan TMI, ingin memperkuat kompetensi dan kapabilitas di vertikal bisnis game, khususnya Game AAA (triple A). Lantas, apa itu gim AAA?

Dilansir dari berbagai sumber, gim AAA adalah sebuah game yang diproduksi dan didistribusikan dengan nilai tinggi. 

Beberapa sumber menyebut nilai pengembangan gim AAA bisa mencapai di atas US$50 juta. Bujet yang tinggi tersebut dikeluarkan oleh pengembang gim agar bisa menghasilkan gim dengan grafis yang mumpuni, kualitas permainan yang baik dan penjualan yang laris, sehingga mendapat nilai A di seluruh kategori itu. 

Beberapa contoh gim AAA yang dikeluarkan pada 2021 antara lain Forza Horizon 5, Far Cry 6, GTA The Trilogy,  Resident Evil Village, dan lain sebagainya. 

Adapun beberapa perusahaan besar yang biasa mengeluarkan gim AAA antara lain Square Enix, Electronic Arts dan Rockstar Games.

Gim AAA awalnya ditemui di konsol gaming seperti Playstation, X-BOX dan lain sebagainya. Seiring dengan berjalannya waktu, gim AAA mulai masuk ke pasar mobile. Gim AAA makin berkembang karena gamers menuntut kualitas gim yang makin mumpuni dari sisi grafis hingga permainan. 

Telkomsel sendiri mengalihkan kontrak patungan kepada Telkomsel Ekosistem Digital dengan proyeksi senilai Rp285 miliar (US$20 juta). Adapun Rp156,7 miliar (US$11 juta) dari jumlah tersebut adalah porsi kepemilikan Telkomsel Ekosistem Digital. 

Selain fokus di gim, kabarnya layanan digital Telkomsel seperti Kuncie dan Fita akan dikembangkan juga oleh Telkomsel Ekosistem Digital. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel game online
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top