10 Fenomena Astronomi pada 2021, Ada Temuan Kehidupan di Luar Bumi

Akbar Evandio
Minggu, 26 Desember 2021 | 16:22 WIB
Ilustrasi luar angkasa/
Ilustrasi luar angkasa/
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sederet fenomena astronomi terjadi menghiasi 2021, di mana terdapat beberapa peristiwa langit malam yang menarik perhatian masyarakat di seluruh dunia.

Dikutip melalui laman EarthSky, terdapat sepuluh kisah menarik yang terjadi menghiasi langit malam sepanjang 2021, mulai dari Komet Leonard, ledakan aurora saat Solar Cycle 25, dan masih banyak lagi.

Berikut 10 cerita fenomena di langit malam pada 2021:

#10 – Farfarout adalah objek terjauh di Tata Surya

Astronom secara resmi mengidentifikasi objek terjauh di tata surya. Objek tersebut adalah planet kerdil bernama Farfarout atau yang secara teknis dikenal sebagai 2018 AG37.

Planet mungil ini berjarak 140 unit astronomi (AU) dari matahari. Seperti diketahui, satu AU adalah jarak dari Bumi ke matahari yaitu sekitar 150 juta km. Berarti, jarak Farfarout dari Bumi adalah sekitar 19,7 miliar km

#9 – Juno Tangkap Suara Lolongan dari Ganymede, Bulan Planet Jupiter

Pesawat ruang angkasa NASA, Juno yang bertugas memantau Planet Jupiter dan bulan-bulanya menemukan fenomena menarik, di mana saat Juno terbang dekat ke Bulan Ganymede dari planet terbesar tetangga Bumi ini, kembali merekam beberapa suara aneh.

Juno yang dibekali instrumen gelombang listrik dan magnet untuk merekam gelombang elektromagnetik di magnetosfer Ganymede. Uniknya, saat frekuensi gelombang yang ditangkap diubah menjadi format audio maka menghasilkan serangkaian jeritan dan lolongan. Trek audio 50 detik ini diresmikan di American Geophysical Union Fall Meeting 2021.

#8 – Iklim telah menggeser poros Bumi

Mencairnya glasial akibat pemanasan global kemungkinan menjadi penyebab pergeseran pergerakan kutub bumi yang terjadi pada 1990-an, kata sebuah studi baru yang diterbitkan 22 Maret 2021.

Mencairnya gletser mendistribusikan kembali air yang cukup untuk menyebabkan arah pengembaraan kutub berbalik dan mempercepat ke arah timur selama pertengahan 1990-an.

#7 – Komet Borisov, Objek Antar-Bintang di Tata Surya yang dapat terlihat

Pada 2021, peneliti menemukan terdapat dua pengunjung antarbintang. Mereka adalah 1I/'Oumuamua dan 2I/Borisov. Oumuamua disebutkan sebagai objek antariksa yang berbentuk sepotong planet ekstrasurya hingga pesawat ruang angkasa asing.

Sedangkan, 2I/Borisov yang kurang dikenal lebih jelas merupakan komet yang mungkin berasal dari dekat bintang katai merah. Tanda kimianya menunjukkan bahwa objek ini mungkin tidak pernah berinteraksi dengan bintang sebelumnya.

#6 – Kemungkinan tanda kehidupan di awan Venus

Pada akhir tahun 2020, para ilmuwan yang mempelajari atmosfer Venus mengumumkan penemuan yang mengejutkan, di mana terdapat bahan kimia yang selama ini ada di Bumi dan hanya diproduksi terutama oleh organisme hidup ditemukan di Venus. Peneliti pun masih meneliti adanya kemungkinan fosfin menjadi tanda mikroorganisme yang menghuni atmosfer Venus.

#5 – Planet Hycean mungkin adalah dunia laut yang dapat dihuni

Astronom mengatakan pada 26 Agustus 2021, bahwa mereka telah mengidentifikasi kelas baru planet ekstrasurya yang merupakan langkah maju yang besar dalam pencarian kehidupan.

Mereka menyebutnya planet Hycean yang berasal dari kata hidrogen dan lautan. Lautan seluas planet dan atmosfer yang kaya hidrogen mungkin menutupi dunia ini. Namun, para peneliti mengatakan, mereka mungkin layak untuk dihuni di kemudian hari.

#4 – Planet baru di sebelah Matahari

Para astronom telah mencitrakan sesuatu di dekat bintang Alpha Centauri A, di sistem bintang di sebelah matahari, hanya berjarak 4,4 tahun cahaya yang menyerupai sebuah planet.

Peneliti pun menilai, jika temuan itu adalah sebuah planet, maka itu adalah planet pertama yang diketahui yang secara langsung dicitrakan di zona layak huni, wilayah sistem bintang di mana air dapat ada dan oleh karena itu di mana kehidupan seperti yang kita tahu mungkin terjadi.

#3 – Superflare matahari menghantam Bumi beberapa kali

Badai matahari mengguncang Bumi pada tahun 774-775 M. Para ilmuwan menemukan peristiwa ini pada 2012 ketika menganalisis lonjakan karbon-14 yang ditemukan di lingkaran pohon. Pepohonan di seluruh dunia menjadi bukti lonjakan karbon-14, yang menunjukkan bahwa peristiwa itu berskala global.

Para ilmuwan mengumumkan bahwa Pada 23 Desember 2021 Badai Matahari tiba di Bumi. Ini merupakan efek dari aktivitas Matahari pada 20 Desember 2021. Sebenarnya peningkatan aktivitas itu terjadi dalam dua hari 20-21 Desember 2021. Fenomena itu berasal dari sembilan kelompok bintik Matahari dan ada di permukaannya.

#2 – 'Pondok misteri' di sisi terjauh bulan

Penjelajah Yutu 2 China telah merangkak melintasi permukaan bulan sejak mendarat di kawah Von Kármán di sisi jauh bulan pada 3 Januari 2019. Adapun, pada 3 Desember 2021, dia mencatat entri aneh di Buku Harian Mengemudi Yutu No. 2 miliknya.

Catatan tersebut menuliskan objek berbentuk kubus di cakrawala dan menjulukinya 'pondok misteri'. Situs web China Our Space menerbitkan buku harian itu dan berafiliasi dengan China National Space Administration (CNSA).

#1 – Tanda pertama kehidupan cerdas di luar Bumi?

Selama 11 hari pada Oktober 2017, para ilmuwan melacak objek aneh dari luar angkasa antarbintang melalui tata surya. Sejak itu, sebagian besar astronom percaya bahwa 1I/'Oumuamua, seperti yang sekarang dikenal, adalah objek alami.

Namun, fisikawan Harvard Avi Loeb masih berpikir itu mungkin contoh artefak alien pertama yang diketahui, sesuatu yang diproduksi oleh makhluk luar angkasa, datang kepada makhluk di bumi dari sistem bintang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper