Gandeng OneWeb, Dwi Tunggal Putra Mulai Pembangunan Portal Jaringan Satelit LEO

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 21 Desember 2021 | 14:19 WIB
Lokasi pembangunan portal jaringan satelit Dwi Tunggal Putra di Serang, Banten/Bisnis.com
Lokasi pembangunan portal jaringan satelit Dwi Tunggal Putra di Serang, Banten/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Dwi Tunggal Putra (DTP) memulai pembangunan portal jaringan satelit di Serang, Banten, yang akan menghubungkan konstelasi satelit low earth orbit (LEO) global OneWeb ke jaringan serat optik terrestrial.

Chief Commercial Officer DTP Edi Sugianto mengatakan bahwa pembangunan portal jaringan satelit LEO akan memakan waktu sekitar 6 bulan. Ditargetkan pada Juli 2022 fasilitas portal jaringan satelit telah siap beroperasi.

“Fasilitas ini akan menjadi yang pertama dari tiga portal jaringan satelit yang mencakup wilayah Asia Tenggara, dengan lebih banyak lokasi yang akan dibangun di wilayah Asia Pasifik,” kata Edi di Serang, Banten (21/12/2021).

Edi menjelaskan bahwa fasilitas portal jaringan satelit OneWeb terdiri dari 18 antena yang dikendalikan secara otomatis.

Pada fasilitas yang sedang dibangun nantinya juga mencakup kantor dan pangkalan data seluas 500 meter persegi di atas lahan sebesar 10 hektare.

Portal tersebut akan menyediakan area jangkauan mulai dari Thailand di utara, Indonesia dari timur ke barat, dan Australia bagian utara di arah Selatan.

Menurutnya, OneWeb mengubah cara perusahaan melayani kebutuhan konektivitas pelanggan di Indonesia. Dengan kerja sama yang terjalin, Dwi Tunggal Putra dapat memberikan layanan konektivitas hingga ke desa-desa terpencil.

“Layanan seperti serat optik OneWeb dari langit memberikan jawaban konektivitas,” kata Edi.

OneWeb sendiri adalah perusahaan jaringan komunikasi global yang didukung oleh 648 konstelasi satelit orbit rendah bumi atau low earth orbit (LEO).

Berkantor pusat di London, OneWeb memungkinkan konektivitas berkecepatan tinggi dan latensi rendah untuk pemerintah, bisnis, dan komunitas di mana pun di seluruh dunia.

OneWeb menyediakan layanan komunikasi yang terjangkau, cepat, bandwidth tinggi, latensi rendah yang terhubung ke masa depan IoT, dan jalur ke 5G untuk semua orang di mana saja.

Sementara itu Dwi Tunggal Putra merupakan perusahaan telekomunikasi penyedia Network Access Point (NAP) generasi pertama di Indonesia.

Hingga saat ini, Dwi Tunggal Putra terus memperluas layanannya dengan menyediakan solusi telekomunikasi terintegrasi yang berfokus pada penyedia layanan internet, pangkalan data, dan telekomunikasi satelit dengan wilayah jangkauan di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper