Startup Edtech Pahamify Beberkan Capaian Selama 2021

Ahmad Thovan Sugandi
Sabtu, 18 Desember 2021 | 09:21 WIB
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pahamify, platform edtech lokal, mencatatkan sejumlah pencapaian selama 2021. Selain itu, pada awal 2022, Pahamify berencana menggelar sejumlah program tingkat Nasional bagi para siswa.

CEO Pahamify Syarif Rousyan menyebut pada April 2021 telah mencatatkan beberapa pencapaian dan perkembangan dalam sistem layanan belajar. Salah satunya Pahamify terpilih menjadi satu dari delapan startup Indonesia yang lolos seleksi program Google for Startups Accelerator dan sukses menyelesaikan program tersebut pada Juni 2021.

"Pahamify juga masuk dalam daftar 30 High Growth EdTech Companies [April 2021] berdasarkan Synaptic Growth Index, dan menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia dalam daftar tersebut," ujarnya, Jumat (17/12/2021).

Menurut Syarif pada 2021 ini, perusahaannya juga menghadurkan fitur Live Class bagi para siswa. Live Class merupakan kelas daring bersama pengajar Pahamify (rockstar teacher) yang menyenangkan. Selain itu ada layanan baru bernama Tanya Mipi, siswa dapat bertanya dengan mengambil foto soal yang ingin dijawab. Dirancang dengan teknologi AI pada kamera, Tanya Mipi bisa membantu siswa memahami dan menjawab soal Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Syarif mengatakan dalam menyambut agenda Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022, Pahamify akan menyelenggarakan Try Out Akbar yang akan dilaksanakan pada Januari 2022 secara serentak oleh siswa kelas 12 dan gap year se-Indonesia. Gelaran ini dapat diikuti secara gratis oleh seluruh pelajar di Indonesia.

Dia menambahkan selama 2021 ini Pahamify secara aktif berkontribusi dalam program pemerintah di sektor pendidikan. Salah satunya menyelenggarakan webinar dan pelatihan bersama sektor pendidikan Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bagi guru yang dilaksanakan secara daring.

Tidak hanya itu, Syarif menyebut Pahamify juga rutin ikut serta sebagai pengisi materi dalam Workshop Offline Kominfo yang dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia. Hingga akhir 2021, terdapat lebih dari 700 guru yang terdaftar sebagai peserta dalam workshop offline tersebut. Di tahun 2022, Pahamify akan siap untuk terus membantu Kominfo dalam program serupa dengan jangkauan peserta dan daerah yang lebih luas.

Syarif mengatakan, pada Juli 2021, Pahamify menghadirkan program Sekolah Bareng Pahamify sebagai salah satu bentuk dukungan kebijakan pemerintah yang menetapkan pelaksanaan sekolah dilanjutkan secara daring. Program tersebut merupakan pemberian akses gratis konten belajar Pahamify bagi siswa dan guru SMA kelas X - XII setiap hari Senin hingga Jumat pada 07.00-13.00 WIB.

Terkait dengan pendanaan, sebelumnya pada Maret 2020, Pahamify terpilih untuk mendapatkan pendanaan dan menjadi bagian dari batch Winter 2020 Y Combinator, program akselerasi startup. Kemudian di bulan November 2020, perusahaannya berhasil mengamankan pendanaan Seri A, yang dipimpin oleh Shunwei Capital.

Namun, selama 2021 Pahamify belum mencatatkan tambahan pendanaan dari VC maupun investor perorangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper