Opppo Rilis Cip NPU MariSilicon, Diklaim Tingkatkan 20 Kali Proses AI

Akbar Evandio
Rabu, 15 Desember 2021 | 06:30 WIB
Mengabadikan momentum. /OPPO
Mengabadikan momentum. /OPPO
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan teknologi, Oppo resmi menghadirkan cip custom terbarunya dengan mengusung fungsi neural processing unit (NPU) bernama MariSilicon X.

Senior Director Oppo Jiang Bo mengatakan fungsi utama NPU adalah untuk meningkatkan kualitas foto dan video yang dihasilkan oleh ponsel.

Adapun, NPU MariSilicon X dibuat dengan menggabungkan image signal processing (ISP) dengan arsitektur memori multi-way yang mutakhir.

Dengan teknologi ini, NPU bisa menjalankan algoritma pemrosesan dengan lebih cepat dan efisien. NPU MariSilicon X sendiri bisa memproses 18 triliun operasi per detik (TOPS) dengan efisiensi daya 11,6 TOPS per watt.

Jiang mencontohkan, algoritma AI noise reduction yang ada di Oppo Find X3 Pro terbatas pada 2 fps dan membutuhkan daya 1.693 mW. Menggunakan MariSilicon X, algoritma itu bisa dijalankan hingga 40 fps dengan daya 797 mW.

"Ini setara dengan peningkatan hingga 20 kali lipat dalam pemrosesan AI 4K, menjadikannya terobosan dari segi daya dan efisiensi," katanya, dikutip melalui agenda Oppo INNO Day 2021 Rabu (15/12/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan MariSilicon X mendukung pengambilan foto dengan kualitas 20 bit, 120 db dynamic range, dan menawarkan pemrosesan RAW real-time di video 4K.

Selain itu, AI juga bisa menggunakan algoritma yang berbeda untuk mengurangi noise, mereproduksi warna dengan lebih baik, meningkatkan dynamic range, meningkatkan kualitas foto dan video minim cahaya, dan lain-lain.

NPU ini juga disandingkan dengan memori DDR khusus dengan bandwidth 8,5GB/detik. Dengan menggunakan memori khusus ini, NPU tidak perlu bergantung dengan memori sistem yang kadang memperlambat waktu pemrosesan.

MariSilicon X akan debut pada kuartal I/2022. Cip ini akan menjadi bagian dari Oppo Find X series yang menjanjikan pengalaman fotografi yang diklaim paling canggih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper