Tak Simpan Nomor Pengguna Lain, 'Last Seen' Status WhatsApp Tak Akan Terlihat

Newswire
Selasa, 14 Desember 2021 | 14:46 WIB
Logo WhatsApp / whatsapp.com
Logo WhatsApp / whatsapp.com
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - WhatsApp mulai batasi status online para pengguna sebagai bagian dari setelan privasi baru.

Status 'last seen' tak akan terlihat oleh kontak yang tidak disimpan.

Sebelumnya, WhatsApp membuat fitur itu aktif secara default untuk ‘Everyone’, memungkinkan setiap orang yang ada di WhatsApp untuk bisa melihat status pengguna yang lain.

Pembaruan WhatsApp ini membatasi penampakan status tersebut hanya kepada orang-orang yang memang telah ditambahkan oleh penggunanya untuk bisa melihat dan mengubah mengatur fitur secara default kepada ‘My Contacts’.

Settingan baru tersebut di antaranya terungkap dalam sebuah unggahan di Twitter pada Selasa sepekan lalu, 7 Desember 2021.

Seorang pengguna menerangkan pembaruan tersebut kepada pengguna lain yang mempertanyakan kalau dia tak lagi bisa melihat status ‘last seen’ orang lain meski aplikasinya tampak normal.

Dijelaskan kalau pengguna memang tidak akan bisa lagi melihat status orang lain. Penjelasan menyertakan sebuah email yang kelihatannya berasal dari WhatsApp.

“Kami sedang membuatnya lebih sulit untuk orang-orang yang Anda tidak kenal dan belum pernah melakukan chat untuk bisa melihat status last seen dan online di WhatsApp,” bunyi isi email itu.

Sebelumnya, WhatsApp telah menyediakan opsi ‘My Contacts’ untuk status ‘last seen’, tapi tak menjadi default. Penting juga memperhatikan kalau WhatsApp telah memiliki opsi ‘Nobody’ di sana yang bisa mencegah seluruh pengguna melihat status orang lain sesama pengguna.

Status di WhatsApp memungkinkan orang lain mengetahui kapan Anda terakhir kali online, atau apakah Anda sedang menggunakan aplikasi itu.

Fitur ini bisa jadi bermanfaat untuk melacak teman atau kerabat, atau sebaliknya, namun WABetaInfo menunjukkan kalau beberapa aplikasi pihak ketiga ternyata mengeksploitasi fitur itu.

Aplikasi-aplikasi itu bisa mengumpulkan status sejumlah pengguna, yang memampukan mereka mengawasi sedikit lebih dekat orang lain yang menjadi pengguna di platform yang sama.

Mengaktifkan opsi ‘My Contacts’ mencegah aplikasi pihak ketiga melakukan itu karena aplikasi tak menganggap aplikasi itu sebagai bagian dari kontak Anda, dan karenanya tidak akan mampu melihat status Anda.

Itu bukanlah satu-satunya perubahan yang dibuat WhatsApp terhadap status ‘last seen’. Pada November lalu, WABetaInfo menemukan kalau aplikasi perpesanan milik Meta—induk Facebook—ini juga mulai menguji sebuah opsi yang disebut ‘My Contacts Except…’ Opsi ini membuat pengguna menyembunyikan statusnya bahkan dari beberapa orang dalam kontaknya.

WhatsApp juga berusaha mempertebal privasi pengguna dengan memperkenalkan opsi untuk membuat fitur pesan menghilangnya menjadi default.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper