Imbas Krisis Chip, Sony Setop Sementara Penjualan Kamera Mirrorless

Akbar Evandio
Kamis, 9 Desember 2021 | 02:30 WIB
Ilustrasi Sony/Istimewa
Ilustrasi Sony/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sony mengumumkan tidak lagi menjual kamera mirrorless ZV-E10, baik melalui tokonya maupun lewat distributornya untuk sementara waktu.

Dikutip melalui laman resminya, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak kelangkaan cip yang menghantam pada produksi kamera mirrorless perusahaan. Untuk diketahui ZV-E10 adalah kamera mirrorless yang ditujukan untuk vlogging dan baru dirilis pada Agustus 2021.

"Berkenaan dengan produk pencitraan digital, ketersediaan komponen saat ini tertunda sebagai dampak dari kelangkaan semikonduktor secara global," tulis Sony di situsnya, Kamis (9/12/2021).

Dikutup melalui The Verge, ZV-E10 bukan satu-satunya produk Sony yang disetop sementara penjualannya. Pada November 2021 perusahaan juga menghentikan penjualan A7 II, A6400, dan A1600 serta aksesoris seperti mikrofon shotgun ECM-B1M, dan camcorder PXW-Z190.

Sebelumnya Sony pun berhenti menjual Camcorder HDR-CX680 pada April dan mirrorless A9 juga mulai menghilang di beberapa peritel, sama nasibnya seperti A7R II keluaran 6 tahun lalu yang juga menghilang stoknya.

Nasib Sony ini pada dasarnya sama seperti banyak pabrikan lain, yaitu tak bisa memproduksi barang yang mencukupi permintaan pasar karena pasokan cip yang tak memadai.

Pabrikan kamera lain pun ikut terdampak kelangkaan cip ini, contohnya Nikon yang berhenti menyertakan adapter EH-7P AC di penjualan Z7 dan Z7 II karena kekurangan komponen, lalu EOS R3 yang baru dirilis Canon juga pengapalannya tertunda hampir setengah tahun, juga Fujifilm X-S10 yang pengapalannya tertunda.

Kelangkaan cip ini berdampak pada banyak industri, utamanya industri ponsel karena ketersediaan banyak cip yang dipakai di ponsel terbatas. Industri otomotif pun terdampak karena hal yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper