RI Ingin Jadi Hub Fintech Asia Tenggara, Kolaborasi Jadi Kunci

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 8 Desember 2021 | 01:23 WIB
Ilustrasi pembayaran menggunakan barcode di ponsel pintar/Wikimedia Common
Ilustrasi pembayaran menggunakan barcode di ponsel pintar/Wikimedia Common
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Impian pemerintah untuk membawa Indonesia sebagai hub teknologi finansial (tekfin) di Asia Tenggara baru dapat terwujud jika pemerintah dan segena pemangku kepentingan saling bekerja sama. 

CEO dan Co Founder Dana Vince Iswara mengatakan sistem pembayaran dan sektor jasa keuangan adalah mesin bagi pertumbuhan ekonomi nasional. 

Keduanya saling terkait dan berkontribusi positif terhadap laju inklusi dan literasi keuangan. Fintech berada dalam kedua ekosistem tersebut lewat kanal digital. 

“Dalam semangat kolaborasi di masa seperti ini, kita tidak bisa hanya melihat dari sisi pelaku fintech saja, namun harus dilihat secara menyeluruh ekosistemnya,” kata Vince kepada Bisnis, Selasa (7/12/2021). 

Vince mengatakan regulator sistem pembayaran dan sektor jasa keuangan terus menciptakan berbagai kebijakan dan peraturan untuk memacu industri tekfin tumbuh berkembang. 

Di sisi lain, pemerintah terus memacu infrastruktur digital untuk mengakselerasi penetrasi internet di seluruh Indonesia. 

“Kedua hal ini adalah modal bagi industri tekfin untuk berkompetisi dan melayani kebutuhan-kebutuhan transaksi masyarakat,” kata Vince. 

Lebih lanjut, kata Vince, para pelaku tekfin juga harus giat melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat berbagai platform digital, khususnya buatan putra-putra daerah. 

Dengan arah dukungan kebijakan yang tepat, infrastruktur memadai, serta aspek sosialisasi dan edukasi untuk memastikan perlindungan konsumen, Indonesia akan makin dekat dengan cita-cita menjadi hub tekfin di Asia Tenggara. 

“Saya yakin kita semua dapat mencapai target tersebut,” kata Vince. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper