Youtap Indonesia Dorong Kebiasaan Belanja Online Lewat Fitur Terbarunya

Ahmad Thovan Sugandi
Selasa, 7 Desember 2021 | 04:28 WIB
Minuman kopi /Freepik.com
Minuman kopi /Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Youtap Indonesia melengkapi layanan solusi digitalnya dengan fitur teranyarnya yaitu PHP (Pesan dari Hape).

Layanan tersebut diluncurkan sebagai respon atas jumlah rumah makan yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Selain itu adanya kenaikan rata-rata pengeluaran penduduk dan konsumsi makanan di kota Medan tahun 2020 dibanding tahun-tahun sebelumnya hingga 4 persen (data BPS 2020).

CEO Youtap Indonesia Herman Suharto menyebut saat ini pelaku usaha, terutama bisnis kuliner, dituntut kreatif dalam mempromosikan dan memasarkan produk. Hal itu terkait perubahan perilaku konsumen yang ingin melanjutkan kebiasaan menggunakan gadget untuk hampir semua kebutuhan.

"Hadir di Medan hampir satu tahun lebih, kehadiran solusi terbaru dari Youtap diharapkan dapat semakin membuat mereka tumbuh dan bangkit," ujarnya dalam rilis pers, Senin (6/12/2021).

Berdasarkan data McKinsey, dia melanjutkan, banyak konsumen yang berniat untuk melanjutkan cara berbelanja daring bahkan setelah pandemi berakhir.

Melalui layanan PHP, menurut Herman, pelaku usaha dari berbagai wilayah, termasuk Medan, akan mampu menawarkan cara mudah pemesanan dan pembayaran pelanggan melalui digital menu / e-menu yang terintegrasi. Mengingat menjamurnya restoran hingga kedai kopi di Medan, fitur PHP diharapkan mampu memfasilitasi pelaku usaha Medan secara lengkap.

Youtap mencatat sektor kuliner seperti tempat makan dan kedai kopi mendominasi pelaku usaha Medan yang bergabung di ekosistemnya. Beberapa toko di area sekitar Medan bahkan turut tumbuh secara organik dengan melakukan registrasi mandiri.

Dari total 200 ribu pelaku usaha yang mengadopsi Youtap secara nasional, pelaku usaha kedai kopi terbanyak nyatanya ditemui di Medan. Hal itu makin menunjukkan pelaku usaha kini semakin termotivasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan lewat digitalisasi.

Youtap mengklaim berhasil membantu digitalisasi lebih dari 6.000 pelaku usaha di 5 kota dan kabupaten, dari total 4 kabupaten di Sumatera Utara. Angka ini meningkat sebesar 42 persen dari tahun sebelumnya. Adapun jumlah untuk di sektor usaha kuliner mencapai hampir 3.000 pelaku usaha, meningkat 122 persen dari tahun sebelumnya.

Selain fitur PHP terbarunya, Youtap juga secara konsisten mendukung penggunaan pembayaran non-tunai. Di Medan, terjadi peningkatan transaksi non-tunai hingga 8 kali lipat dengan total kenaikan transaksi menjadi 6 kali lipat dibandingkan pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper