Ini Video Gerhana Matahari Total 4 Desember 2021

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 5 Desember 2021 | 07:42 WIB
Gerhana Matahari Cincin./BMKG
Gerhana Matahari Cincin./BMKG
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu pengalaman paling ajaib, dan menakjubkan yakni gerhana matahari total baru saja terjadi.

Pada 4 Desember waktu setempat atau 5 Desember WIB, terjadi fenomena gerhana matahari langka di Antartika.

Peristiwa langka ini terjadi ketika bulan lewat di depan matahari dan sepenuhnya menghalangi cahaya bintang kita. Bayangan muncul di Bumi di area tempat terjadinya gerhana. Bagi mereka yang terletak sempurna di bawah bayangan di mana bulan menutupi 100 persen matahari (disebut jalur totalitas), ini adalah transisi yang aneh dan relatif tiba-tiba dari terang ke gelap.

"Langit menjadi sangat gelap, seolah-olah fajar atau senja," catat NASA. Selama gerhana pagi tahun 2017, saya menyaksikan kelelawar beterbangan di tengah mantra gelap yang singkat. Kegelapan yang tiba-tiba dapat membingungkan atau menipu hewan.

Pada 4 Desember, bayangan gerhana melewati Antartika, dan NASA menyiarkan peristiwa pagi hari bulan secara bertahap menghilangkan matahari tersebut.

Hampir semua orang di Bumi tidak mungkin berada di benua terpencil yang tertutup es, tetapi Anda masih dapat melihat seperti apa langit saat gerhana terjadi. Para peneliti di lapangan (Theo Boris dan Christian Lockwood dari Ekspedisi Antartika JM Pasachoff) memberikan rekaman yang disiarkan NASA kepada badan antariksa dan dunia.

Dalam rekaman live streaming tersebut, bulan mulai melintas di depan matahari sekitar pukul 17.30. Sekitar pukul 1:07:00 (satu jam tujuh menit) gerhana total terjadi. Ketika matahari benar-benar tertutup, cahaya hantu di sekitar bulan muncul. Itulah korona matahari, atau atmosfer luar, yang tidak bisa kita lihat ketika matahari yang bersinar dan menyengat bersinar di langit.

Berikut videonya diambil dari youtube NASA 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper