Keren! Ilmuwan AS Buat Kamera Seukuran Butiran Garam

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 3 Desember 2021 | 10:43 WIB
kamera sebesar butiran garam
kamera sebesar butiran garam
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan di Amerika Serikat telah mengembangkan kamera kecil yang mereka sebut "seukuran sebutir garam kasar".

Kamera baru ini dapat menghasilkan gambar penuh warna yang jernih dan sebagus yang diambil dengan lensa kamera berukuran 500.000 kali lebih besar.

Sementara para ilmuwan telah mengembangkan kamera kecil sebelumnya, gambar yang mereka ambil buram dan kualitas gambarnya tidak terlalu bagus.

Secara umum, kamera bergantung pada sejumlah potongan kaca melengkung atau plastik yang dikenal sebagai 'lensa' untuk menjaga gambar tetap jelas yang membatasi seberapa kecil kamera, namun dilansir dari BBC, kamera yang satu ini menggunakan teknologi berbeda untuk menyiasatinya - artinya kamera itu kecil dan bisa mengambil gambar yang jelas. 

Rahasia kamera baru ini adalah permukaannya berisi 1,6 juta 'tiang' berbentuk silinder yang masing-masing menggunakan kecerdasan buatan dan cahaya untuk mengubah apa yang mereka deteksi menjadi gambar.

Tim di Universitas Princetown dan Universitas Washington di Amerika yang mengembangkan perangkat tersebut, kini bekerja untuk menambahkan lebih banyak fitur ke kamera itu sendiri - seperti memberikannya kemampuan untuk mendeteksi objek.

Para ilmuwan sangat senang dengan kamera baru ini dan berpikir itu bisa membuat perbedaan besar untuk teknologi masa depan.

Kamera dapat digunakan untuk membantu dokter mengambil gambar tubuh manusia yang lebih baik untuk membantu mendiagnosis dan mengobati penyakit.

Itu juga dapat digunakan untuk membuat ponsel kamera berkualitas lebih baik.

"Anda tidak akan memerlukan tiga kamera di bagian belakang ponsel Anda lagi, tetapi seluruh bagian belakang ponsel Anda akan menjadi satu kamera raksasa. Kami dapat memikirkan cara yang sangat berbeda untuk membangun perangkat di masa depan," tambah Felix Heide, yang membantu mengembangkan kamera tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper