Microsoft Blak-blakan Soal Peluang Teknologi Cloud Bagi Perbankan

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 26 November 2021 | 12:30 WIB
Logo Microsoft terlihat dengan latar awan di Los Angeles, Amerika Serikat pada 14 Juni 2016/REUTERS-Lucy Nicholson
Logo Microsoft terlihat dengan latar awan di Los Angeles, Amerika Serikat pada 14 Juni 2016/REUTERS-Lucy Nicholson
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Teknologi komputasi awan (cloud) menjadi faktor terpenting dalam mendorong transformasi digital di berbagai vertikal industri.

Microsoft Indonesia menuturkan layanan komputasi menjadi kebutuhan untuk mendukung berbagai inovasi di industri perbankan dan ekonomi digital seperti bank as a service, open banking hingga lokapasar digital.

National Technology Officer Microsoft Indonesia Panji Wasmana mengatakan hampir seluruh perbankan saat ini menerapkan strategi digital yang relevan.

Menurut laporan Price waterhouse Coopers (PWC), sekitar 75 persen dari pimpinan finansial ingin menerapkan lingkungan bisnis yang lebih lincah ke depannya.

Mereka menilai teknologi komputasi awan (cloud) dapat membuat ongkos yang mereka keluarkan lebih fleksibel. Salah satu penyebabnya karena mereka hanya membayar sesuai apa yang mereka gunakan. Mereka juga menginginkan skala bisnis yang lebih besar dan gesit.

Microsoft melihat hal itu sebagai peluang. Dengan teknologi terdepan yang dimiliki, Microsoft dapat mendukung transformasi digital tidak hanya di perbankan, juga di sektor lainnya.

“Kami melihat ini sebuah peluang besar bagi kami sebagai penyedia teknologi untuk memberikan kontribusi kepada mitra perbankan,” kata Panji dalam Bisnis Indonesia Financial Outlook 2021, Kamis (25/11/2021).

Panji menilai ke depan perbankan bukan hanya soal ekosistem mereka, juga tentang ekosistem lain seperti dagang el.

Tren lain yang terjadi adalah muncul era platform bank sebagai layanan (Bank as a service). Beberapa perbankan yang telah matang mengizinkan penggunaan platform kepada mitra untuk melayani para pelanggan.

Saat terjadi transformasi Baas, teknologi memegang peran penting. Panji menuturkan Microsoft telah memiliki 2 kasus pemanfaatan untuk mendukung hal tersebut. Pertama saat Microsoft menjalin kerja sama dengan Clear.bank di Inggris dan Volt 2.0 bersama Neobank di Australia.

“Teknologi komputasi awan membantu dalam transformasi bisnis inti mereka,” kata Panji.

Adapun di Indonesia, kata Panji, Microsoft telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar seperti Telkom, Bank Mandiri, Bank BRI dan lain sebagainya untuk mendukung transformasi digital di perusahaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper