Ini Alasan Indosat Pilih Makassar untuk Gelar 5G di Indonesia Timur

Akbar Evandio
Jumat, 19 November 2021 | 18:30 WIB
Ilustrasi teknologi 5G./REUTERS-Yves Herman
Ilustrasi teknologi 5G./REUTERS-Yves Herman
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR – Indosat Ooredoo resmi merambahkan layanan 5G komersial di wilayah Indonesia Timur, yaitu di Makassar, Sulawesi Selatan.

Sekadar informasi, Makassar yang menjadi kota keempat yang disambangi 5G Indosat Ooredoo. Sebelumnya, Indosat memperkenalkan teknologi baru ini tiga kota antara lain Solo, Jakarta, dan Surabaya.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Bayu Hanantasena menyampaikan, alasan perusahaan memilih Makassar, sebab kota tersebut dinilai menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur.

“Kenapa Makassar? Kota ini kalau dibilang adalah Ibu kotanya Indonesia Timur sehingga titik awalnya kalau mau berkembang di Indonesia bagian timur, maka di Makassar yang ke depannya dearah ini akan menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi Indonesia,” katanya saat peluncuran Layanan 5G di Makassar, Jumat, (19/11/2021).

Menurut Bayu, salah satu industri yang didorong untuk berkembang di Sulawesi Selatan adalah nikel. Pemerintah sendiri saat ini memang tengah mendorong proses hilirasis industri bahan mentah tambang, termasuk nikel.

"Industri ini akan mendorong perubahan besar. Indonesia menjadi salah satu yang terbesar di nikel dan bisa dikembangkan menjadi baterai, bahkan kalau bisa nanti sampai EV (Electrice Vehicle)-nya," katanya.

Bayu melanjutkan, setelah Makassar, perusahaan akan menyambangi wilayah Kalimantan, tepatnya Balikpapan untuk menggelar layanan 5G.

“Indonesia bisa masuk pasar yang masih masif. Asalnya baterai dari sini, itu kenapa kami pilih Makassar, selanjutnya ke bagian juga dari Kalimantan, Balikapapan,” kata Bayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper