Indosat Siapkan Use Cases Layanan 5G di Makassar

Akbar Evandio
Jumat, 19 November 2021 | 13:18 WIB
Seremoni peluncuran layanan 5G dari Indosat Ooredoo di Makassar, Jumat (19/11/2021)./ Bisnis-Akbar Evandio
Seremoni peluncuran layanan 5G dari Indosat Ooredoo di Makassar, Jumat (19/11/2021)./ Bisnis-Akbar Evandio
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR – Indosat Ooredoo telah menyiapkan sejumlah use cases sejalan dengan layanan 5G yang telah resmi diluncurkan di Makassar.

Chief Business Officer Indosat Oordoo Bayu Hanantasena memerinci hadirnya layanan komersial 5G Indosat Ooredoo di Makassar juga menampilkan beberapa use cases.

Pertama adalah Smart City dan Digital Lifestyle. Teknologi 5G adalah titik balik evolusi Makassar karena akan meningkatkan gaya hidup dan kolaborasi warga.

“Contoh pemanfaatan, termasuk di antaranya Mixed Reality Entertainment, Bullet Moment Photograph, Smart TV, Immersive Live Streaming Video, dan Interactive Learning Experience,” ujarnya, Jumat (19/11/2021).

Kedua adalah Digital Agribusiness, yaitu teknologi 5G juga akan terasa pada industri pertanian, dengan dimungkinkannya Autonomous Irrigation dan Smart Farming dengan akurasi yang lebih baik dan limbah yang lebih sedikit. Manfaatnya terlihat pada sistem pemantauan tanah dan iklim secara real time, irigasi dan fertigasi otonom, dan automatic compound fertilizer.

Ketiga adalah Digital Agribusiness, yaitu teknologi 5G sebagai titik balik dalam evolusi industri pertanian karena akan memungkinkan Autonomous Irrigation dan Smart Farming dengan akurasi yang lebih baik dan limbah yang lebih sedikit.

Keempat, Smart Commerce & Trading di mana 5G diyakini akan mendorong aksesibilitas dan pengembangan teknologi lain, seperti artificial intelligence (AI) dan internet of things (IoT), yang akan menawarkan pengalaman pelanggan yang lancar sambil meminimalkan biaya operasional bagi pedagang/pengecer.

Kelima, Digital Tourism & Hospitality. Bayu meyakini 5G akan membuat pariwisata dan perhotelan menjadi lebih canggih dengan bisa terhubung di setiap tingkat dengan contoh pemanfaatan, termasuk Digitiket.

Keenam, Smart Industry 4.0 yaitu 5G akan membentuk Industri 4.0 dengan teknologi baru, seperti sistem komputasi berbasis cloud dan edge, yang menjanjikan kemampuan besar untuk mengoptimalkan proses dan menciptakan nilai.

“Contoh pemanfaatan, termasuk di antaranya Smart Manufacturing, Industrial Automation, dan Active Safety Management Solution,” kata Bayu.

Dalam peluncuran layanan 5G, Indosat menggandeng Huawei Indonesia sebagai mitra.

CEO Huawei Indonesia Jacky Chen mengatakan, peluncuran tersebut merupakan kali kedua perusahaan mendukung komersialisasi layanan 5G Indosat Ooredoo di Indonesia setelah sebelumnya di Solo, Jawa Tengah.

“Menjadi sebuah kehormatan bagi Huawei dipercaya untuk mendukung peluncuran layanan 5G di Makassar yang merupakan kota terbesar sekaligus pusat perdagangan, bisnis, dan industri di Kawasan Timur Indonesia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper