Transaksi Produk UMKM di Harbolnas Shopee Melonjak 8 Kali Lipat

Yustinus Andri DP
Rabu, 17 November 2021 | 19:39 WIB
Konsumen menggunakan dompet digital ShopeePay saat melakukan pembayaran di Jakarta, Rabu (31/3/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Konsumen menggunakan dompet digital ShopeePay saat melakukan pembayaran di Jakarta, Rabu (31/3/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu raksasa e-commerce di Tanah Air yakni Shopee mengklaim transaksi yang melibatkan produk usaha mikro, kecil dan menengah di festival belanja 11.11 Big Sale melonjak 8 kali lipat dari hari biasa.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, pengguna secara regional membeli lebih dari 2 miliar produk sepanjang kampanye berlangsung. Lonjakan transaksi itu juga melampaui pencapaian tahun lalu.

Dia mengatakan Shopee mendapat banyak dukungan dalam festival belanja tersebut sehingga mampu memberikan dampak terhadap pengguna, penjual dan mitra brand, serta komunitas lokal.

Menurut Handhika, ekonomi digital dan e-commerce terus menghadirkan banyak peluang untuk berkembang.

"Kami juga merasa bangga bahwa kami dapat menggunakan platform kami untuk memberi kembali kepada komunitas yang lebih luas dan mendukung mereka yang membutuhkan. Kami berharap dapat menciptakan lebih banyak manfaat bagi pengguna kami di bulan-bulan mendatang," ujar Handhika, seperti dikutip dari siaran persnya, Rabu (17/11/2021).

Adapun Shopee mengklaim, penjual yang baru pertama kali berpartisipasi di 11.11 mencatatkan peningkatan yang signifikan, dengan jumlah pesanan yang meningkat hingga 18 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Dia mengatakan, festival belanja tersebut mendorong lebih banyak orang untuk mengakses dan menikmati manfaat dari belanja daring, terutama untuk pengguna di luar kota-kota besar yang kesadaran digitalnya masih relatif rendah.

Shopee mencatat terdapat peningkatan hingga 5 kali lipat dalam jumlah pembeli dari daerah perdesaan dan kota-kota kecil secara regional

Selain itu sebanyak 3,5 miliar pesan dikirim di dalam aplikasi Shopee Chat sepanjang kampanye 11.11 berlangsung.

Di sisi lain, ShopeePay juga terus meningkatkan adopsi penggunaan pembayaran digital pada 11.11 Big Sale kali ini. Di seluruh wilayah Shopee beroperasi, transaksi ShopeePay meningkat 9 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Sepanjang kampanye 11.11 berlangsung, tercatat 2 juta transaksi tagihan dibayar menggunakan ShopeePay.

Handhika mengatakan, tren dan performa UMKM di festival belanja 11.11 Big Sale menjadi momentum yang dimanfaatkan oleh para UMKM dalam mengembangkan bisnisnya menuju akhir tahun.

Pada lini kecantikan, berbagai produk kosmetik lokal seperti lipstik dan bedak menjadi yang paling banyak dicari. Untuk kategori fesyen, pakaian wanita mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat, di mana kemeja dan kulot menjadi produk paling favorit. Permintaan akan kategori makanan dan minuman juga mengalami peningkatan dari pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper