Pengembang Pokemon, Niantic Rilis Platform untuk Visi Metaverse Dunia Nyata

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 13 November 2021 | 19:31 WIB
Niantic Lightship
Niantic Lightship
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan teknologi AR Niantic, pengembang Pokemon, merilis Kit Pengembang Augmented Reality Niantic Lightship (Lightship ARDK).

Platform Lightship adalah fondasi untuk produk-produk Niantic yang dibangun berdasarkan pengalaman bertahun-tahun dalam mengembangkan dan menjalankan beragam video game berbasis AR, mulai dari Ingress hingga Pokémon GO dan Pikmin Bloom. Sebagai bagian dari Platform Lightship, ARDK adalah kit pengembangan perangkat lunak lintas platform yang berjalan mulus di miliaran perangkat Android dan iOS di seluruh dunia.

Platform ini menyatukan peralatan dan teknologi yang mendukung tiga fitur AR yang utama Pemetaan, Pemahaman dan Berbagi secara realtime sehingga pengembang dapat menciptakan pengalaman AR unik secara mudah dengan memanfaatkan alat-alat yang ada di ARDK.

Niantic juga mengumumkan pembentukan Niantic Ventures untuk berinvestasi dan bermitra dengan perusahaan-perusahaan yang membangun masa depan AR. Dengan dana awal 20 juta dolar AS, Niantic Ventures akan menanamkan investasi di perusahaan yang membangun aplikasi yang sejalan dengan visi Niantic untuk Metaverse Dunia Nyata dan berkontribusi pada ekosistem global yang mereka bangun. 

“Untuk mengubah hubungan manusia dengan teknologi dengan menggabungkan dunia fisik dan virtual, dibutuhkan banyak ide dan perspektif dari semua orang,” kata John Hanke, Pendiri dan CEO Niantic dalam keterangan tertulisnya.

“Itulah mengapa kami sangat bersemangat untuk membuka brankas teknologi yang mendukung game yang telah kami buat, sehingga pengembang, pembuat konten dan merek-merek global dapat membangun pengalaman inklusif yang mendorong batas-batasan hal yang mungkin dilakukan dalam AR.” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper