Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Frekuensi 5 MHz Indosat Ooredoo Hutchison Dicabut, Ini Penjelasan Kominfo

Pengembalian frekuensi 5 Mhz Indosat Ooredoo Hutchison kepada pemerintah dilakukan paling lambat pada 2022.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 08 November 2021  |  21:19 WIB
Logo Tri Indonesia dan Indosat.  - Bisnis.com
Logo Tri Indonesia dan Indosat. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengeluarkan izin prinsip penggabungan PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri). 

Salah satu kewajiban yang harus kedua perusahaan tersebut penuhi adalah mengembalikan pita frekuensi sebesar 5 MHz FDD kepada pemerintah. 

Direktur SDPPI Kemenkominfo Ismail menjelaskan salah satu alasan Kemenkominfo menarik 5 MHz dari pita 2,1 GHz adalah untuk menjaga keseimbangan industri telekomunikasi. 

“Ini adalah hasil dari evaluasi tim yang menilai proposal bisnis yang disampaikan oleh kedua perusahaan tersebut dan untuk mengoptimalkan penggunaan spektrum frekuensi untuk kebutuhan lainnya,” kata Ismail dalam konferensi virtual, Senin (8/11/2021). 

Ismail menuturkan dari hasil penilaian tim, merekomendasikan agar 5 MHz di pita 2,1 GHz dikembalikan kepada pemerintah. 

Pengembalian dilakukan paling lambat pada 2022 untuk menjaga kesinambungan layanan kepada masing-masing pelanggan. “Maksimal adalah 1 tahun,” kata Ismail. 

Ismail menambahkan Indosat Ooredoo Hutchison nantinya akan memiliki 2x67,5 MHz. Jumlah tersebut melesat dari proyeksi awal yang diperkirakan sebesar 72,5 MHz.  

Sekadar informasi, sebagai salah satu syarat penggabungan Indosat dengan Hutchison 3 Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison, perusahaan gabungan keduanya harus mengembalikan frekuensi sebesar 5 MHz FDD di pita 2,1 GHz ke pemerintah. 

Saat ini baik Tri maupun Indosat memiliki 2x15 MHz di pita 2,1 GHz. Artinya salah satu di antara keduanya hanya akan memiliki 10 MHz di pita 2,1 GHz. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi indosat hutchison 3
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top