10 Kawah Bumi yang Terbentuk Karena Hantaman Meteor

Ayyubi Kholid Saifullah
Rabu, 3 November 2021 | 20:00 WIB
Rotter Kamm/ lpi.usra.edu
Rotter Kamm/ lpi.usra.edu
Bagikan

3Bagian 3

7. NÖRDLINGER RIES

kawah Ries berisi sebuah kota di dalam cincin bagian dalamnya, sebuah kota yang dikenal sebagai Nördlingen, Jerman menurut Planetary Science Institute . Dampak penuh kawah hanya bisa dilihat jika dilihat dari udara. Sementara cincin bagian dalamnya disorot oleh tembok kota, sisa kawah telah terkikis dan tidak segera terlihat.

Menurut NASA Earth Observatory, keberadaan kawah mungkin tidak diketahui oleh orang Eropa abad pertengahan yang tanpa sadar mencocokkan tembok kota mereka dengan cincin kawah bagian dalam dengan diameter sekitar 0,6 mil (1 kilometer) - kemungkinan dimensi yang sama dari meteorit pembentuk kawah. 

8. Kawah Tswaing

Sekitar 25 mil (40 km) barat laut Pretoria, di dalam wilayah Kota Tshwane, Afrika Selatan terdapat kawah meteorit Tswaing. Dikenal sebagai Pretoria Saltpan (atau Zoutpan), menurut situs pemerintah Kota Tshwane. Tswaing adalah salah satu kawah yang paling terpelihara di dunia dan endapan sedimen dari dasar kawah mengandung catatan iklim selama 220.000 tahun.

Pengunjung situs dapat menikmati Jejak Kawah Tswaing sepanjang 4,4 mil (7,2km) serta pameran museum dan menikmati beragam satwa liar yang berada di kawasan konservasi menurut situs pemerintah Kota Tshwane.

9. Kawah Tenoumer

Jauh di Gurun Sahara terdapat kawah melingkar yang disebut Tenoumer. Menurut NASA Earth Observatory, asal usul kawah telah lama diperdebatkan di kalangan ahli geologi, dengan beberapa berpendapat bahwa itu adalah sisa-sisa gunung berapi, tidak disepakati bahwa Tenoumer memang kawah tumbukan.

Tenoumer adalah salah satu situs kawah yang paling sulit untuk dikunjungi karena lokasinya yang terpencil. Dari ibu kota Mauritania, Nouakchott, dibutuhkan 11 jam berkendara ke kota terdekat Zouérat, yang berjarak sekitar 124 mil (200 km).

10. Kawah Roter Kamm

Di tengah-tengah bukit pasir berwarna merah karat di Gurun Namib di barat daya Namibia terdapat sebuah kawah yang terlihat seperti rumah di Mars. Menurut ESA, kawah Roter Kamm ditemukan di Taman Nasional Tsau Khaeb (juga dikenal sebagai Sperrgebiet), sebuah area pertambangan di barat daya Namibia. Para ilmuwan percaya bahwa meteorit yang membentuk kawah ini lima juta tahun yang lalu seukuran kendaraan besar ketika bertabrakan dengan Bumi, menurut ESA.

Dampaknya menimbulkan tepi kawah 131 hingga 295 kaki (40 hingga 90 meter) di atas dataran sekitarnya sementara lantai kawah diselimuti endapan pasir setebal setidaknya 330 kaki (100 meter).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

4 dari 4 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper