Ada 3 Hujan Meteor Sepanjang November 2021, Bisa Picu Bola Api di Langit

Ayyubi Kholid Saifullah
Selasa, 2 November 2021 | 12:34 WIB
Ilustrasi - mashable.com
Ilustrasi - mashable.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga hujan meteor akan menghiasi langit sepanjang malam di bulan november.

Tetapi peristiwa astronomi terbaik itu akan terjadi di akhir bulan.

Hujan meteor bulan November akan membawa lebih banyak kesempatan untuk melihat sekilas bintang jatuh dan bahkan bola api yang sangat terang.

Kumpulan bintang yang dikenal sebagai gugus bintang Pleiades juga akan terlihat di langit timur tak lama setelah malam tiba sepanjang November.

Pleiades dapat dilihat di hampir setiap malam yang cerah, tetapi untuk melihat Anda harus menandai di kalender Anda.

Berikut 3 jenis hujan meteor yang akan jatuh di November 2021 :

1. Hujan meteor Taurid – Awal November

Dua hujan meteor pertama di bulan November tidak terlalu kuat, tetapi mungkin masih layak untuk dilihat pada malam bebas awan di paruh pertama bulan itu.

Hujan meteor Taurid Selatan akan mencapai puncaknya selama minggu pertama bulan November, diikuti oleh Taurid Utara, yang akan mencapai puncaknya seminggu kemudian.

Kedua hujan tersebut memiliki puncak yang luas daripada memuncak pada satu malam tertentu dan hanya menawarkan sekitar lima meteor per jam. Namun, kedua pancuran ini terkenal dengan bola apinya yang spektakuler.

"Ketika dua hujan aktif secara bersamaan pada akhir Oktober dan awal November, terkadang ada peningkatan signifikan dalam aktivitas bola api ," jelas American Meteor Society (AMS).

Seperti banyak hujan meteor, beberapa meteor akan mulai muncul setelah malam tiba, tetapi waktu terbaik untuk melihat Taurid adalah setelah tengah malam, waktu setempat. Penonton tidak perlu melihat ke arah tertentu karena meteor dan bola api bisa melesat ke mana saja di langit.

2. Hujan meteor Leonid - 17-18 November

Hujan meteor ketiga pada bulan November terbukti paling aktif sebagai puncak Leonid pada malam Rabu, 17 November, hingga dini hari Kamis, 18 November.

"Leonids paling dikenal karena menghasilkan badai meteor pada tahun 1833, 1866, 1966, 1999, dan 2001," kata AMS. Selama ledakan ini, tarif per jam berkisar antara 1.000 hingga 100.000 meteor per jam, menciptakan beberapa tampilan paling memukau dalam sejarah baru-baru ini.
Sayangnya, ledakan seperti itu tidak diantisipasi tahun ini, dengan perkiraan hanya 10 hingga 15 meteor per jam.

Mirip dengan Orionid, bulan yang hampir purnama akan bersinar pada malam puncak untuk Leonid, tetapi beberapa bintang jatuh masih dapat dilihat karena meteor yang terkait dengan Leonid cenderung lebih terang daripada hujan meteor lainnya sepanjang tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper