Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berapa Jam dalam Sehari di Planet Mars, yang Dianggap Layak Huni Manusia

NASA telah mengirim banyak penemu ke planet Mars, dan bahkan memiliki rencana untuk mengirim manusia pertama ke sana pada tahun 2030.
Ayyubi Kholid Saifullah
Ayyubi Kholid Saifullah - Bisnis.com 19 Oktober 2021  |  18:56 WIB
Berapa Jam dalam Sehari di Planet Mars, yang Dianggap Layak Huni Manusia
Planet Mars - telegraph.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Mars mungkin lebih dekat daripada yang kita sadari. Dan perhitungan hari di Planet mars sangat berbeda dari apa yang kita miliki di Bumi.

Planet Merah itu adalah tetangga yang relatif dekat, diyakini pernah menjadi rumah bagi kehidupan kuno, dan sering menjadi titik fokus dalam berbagai bentuk fiksi ilmiah. Dari semua planet di Tata Surya, itu yang paling menarik perhatian.

Ketertarikan itu telah menghasilkan banyak penelitian dan misi yang berputar di sekitar Mars. NASA telah mengirim banyak penemu ke planet ini, dan bahkan memiliki rencana untuk mengirim manusia pertama ke sana pada tahun 2030.

Ketika membahas mengunjungi atau tinggal di planet lain, salah satu hal yang paling menarik untuk dipertimbangkan adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk satu hari di planet tersebut.

Menurut NASA , satu hari penuh di Mars adalah 24 jam 37 menit, hanya sedikit lebih lama dari waktu yang dibutuhkan Bumi untuk menyelesaikan satu putaran penuh.

Meskipun perbedaannya tidak terlalu drastis, dari hari ke hari, jarak antara Mars dan Matahari berarti bahwa satu tahun di Mars membutuhkan 687 Hari Bumi.

Waktu di Planet Merah bergerak sedikit lebih lambat dari Bumi di karenakan Mars lebih jauh dari Matahari dan bergerak jauh lebih lambat di sekitarnya.

Jarak yang lebih jauh dari Matahari ini tidak hanya berdampak pada waktu. Namun, planet ini  juga jauh lebih dingin daripada di Bumi.

Selain itu, jumlah hari per tahun yang lebih panjang juga berarti musim di Mars lebih panjang.

"Selama musim dingin Mars yang panjang, hari-hari yang lebih pendek dan sinar matahari yang berkurang berarti bahwa pesawat ruang angkasa bertenaga surya terkadang harus menghemat energi mereka dengan hati-hati." tulis NASA dilansir dari Screenrant.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

matahari planet mars
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top