Lucy Pesawat Ruang Angkasa NASA Meluncur Menuju 8 Asteroid Hari Ini

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:10 WIB
Batuan luar angkasa asteroid
Batuan luar angkasa asteroid
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Misi terbaru NASA adalah meluncurkan pesawat ruang angkasa dengan menjelajahi 8 asteroid dalam waktu 12 tahun.

NASA akan menjelajahi kategori batuan luar angkasa yang disebut Trojans, yang berkerumun di depan dan belakang planet Jupiter. 

Pesawat ruang angkasa yang dijuluki Lucy, akan diluncurkan pada Sabtu (16 Oktober) dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida dengan roket United Launch Alliance Atlas V. Pengangkatan dijadwalkan pada pukul 5:34 pagi EDT (0934 GMT), dan liputan langsung NASA akan dimulai pada pukul 5 pagi EDT (0900 GMT).

Lucy adalah tantangan yang tidak biasa bagi Brian Sutter, seorang arsitek misi di perusahaan kedirgantaraan Lockheed Martin yang merancang lintasan pesawat ruang angkasa, karena tim tersebut ingin mengunjungi kelas objek daripada tujuan tertentu.

Banyak tantangan dalam misi ini. Yang pertama adalah mencari cara untuk keluar dari Trojan sama sekali, karena tidak ada pesawat ruang angkasa yang mengunjungi rumpun asteroid seperti di Jupiter tersebut.

Selama bagian terluar dari orbitnya, Lucy juga akan menjadi pesawat ruang angkasa bertenaga surya pertama yang terbang terjauh dari matahari. 

Kemudian Lucy akan berputar kembali ke tata surya bagian dalam, membuat lintasan lain di Bumi, dan ini pertama kalinya sebuah pesawat ruang angkasa akan terbang melewati Bumi setelah berada di tata surya bagian luar. Sementara pesawat ruang angkasa paling dekat dengan Bumi, Jupiter berada di bagian ruang angkasa yang sama yang diterbangi Lucy selama terbang lintas pertamanya.

Lintasan Bumi ini akan menyesuaikan arah Lucy kembali ke luar, dan pada saat mendekati ujung yang berlawanan dari jalurnya, ia akan kembali berada pada jarak orbit Jupiter, kali ini tepat saat kawanan L5 yang mengikuti planet raksasa itu menyapu planet raksasa itu. wilayah ruang yang sama. Demikian dilansir dari Space.com.

Trojan yang akan dikunjungi Lucy juga tidak seperti batu yang ditemukan di sabuk asteroid. Mereka semua adalah sisa-sisa dari pembentukan tata surya. Tapi sementara batuan sabuk asteroid memiliki rentang reflektifitas yang besar, atau albedo, Trojan cenderung sebagian besar batuan non-reflektif. Trojan juga berbeda karena mengorbit lebih jauh dari matahari, dekat orbit Jupiter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper