Ini Dia, Planet Alien dengan 3 Matahari

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Planet KOI-5/NASA
Planet KOI-5/NASA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bumi adalah planet yang memiliki satu matahari.

Sebagian besar bintang di galaksi Bima Sakti memiliki setidaknya satu bintang pendamping.

Tapi, dalam sistem yang berjarak 1.800 tahun cahaya, para astronom mengkonfirmasi ada sebuah planet gas raksasa yang mengorbit dengan memiliki tiga matahari sekaligus.

Planet ini disebut KOI-5, terletak di konstelasi Cygnus, yang pertama kali terdeteksi oleh teleskop ruang angkasa pemburu planet Kepler.

Selanjutnya, astronom juga menemukan planet yang sekarang dikenal sebagai KOI-5Ab, kandidat kedua untuk deteksi exoplanet yang dilakukan oleh Kepler ketika mulai beroperasi pada tahun 2009. 

"KOI-5Ab ditinggalkan karena rumit, dan kami memiliki ribuan kandidat," kata astronom David Ciardi dari NASA's Exoplanet Science Institute dilansir dari Science Alert.

"Ada pengambilan yang lebih mudah daripada KOI-5Ab, dan kami belajar sesuatu yang baru dari Kepler setiap hari, sehingga KOI-5 sebagian besar terlupakan." tambahnya.

Pemburu exoplanet cenderung menghindari kompleksitas sistem multi-bintang; dari lebih dari 4.300 exoplanet yang dikonfirmasi hingga saat ini, kurang dari 10 persen milik sistem multi-bintang, meskipun sistem seperti itu mendominasi galaksi. Akibatnya, sangat sedikit yang diketahui tentang sifat-sifat exoplanet dalam sistem multi-bintang, dibandingkan dengan yang mengorbit bintang tunggal.

Setelah deteksi Kepler, Ciardi dan astronom lainnya telah menggunakan teleskop berbasis darat seperti Observatorium Palomar, Observatorium WM Keck dan teleskop Gemini North untuk mempelajari sistem tersebut. Pada tahun 2014, mereka telah mengidentifikasi dua bintang pendamping, KOI-5B dan KOI-5C.

Ini membuatnya sangat sulit untuk mengetahui apakah penurunan cahaya bintang yang diamati oleh Kepler disebabkan oleh planet ekstrasurya atau sesuatu yang lain. Proyek itu dimasukkan ke dalam keranjang yang terlalu keras.

Pada tahun 2018, penerus Kepler, TESS, mengambil alih pekerjaan itu. Dan ketika TESS melihat ke Cygnus, ia juga melakukan ping ke calon exoplanet yang mengorbit KOI-5A.

Tapi mereka masih belum bisa menentukan secara pasti apakah planet itu nyata atau jika blip dalam data berasal dari bintang lain dalam sistem itu bisa saja bintang keempat.

Apa yang dapat dipastikan oleh para ilmuwan adalah bahwa planet, KOI-5Ab, mungkin adalah raksasa gas yang massanya sekitar setengah massa Saturnus dan 7 kali ukuran Bumi, pada orbit lima hari yang sangat dekat di sekitar KOI-5A. KOI-5A dan KOI-5B, keduanya memiliki massa yang sama dengan Matahari, membentuk biner yang relatif dekat, dengan periode orbit sekitar 30 tahun.

Bintang ketiga, KOI-5C, mengorbit biner pada jarak yang jauh lebih besar, dengan periode sekitar 400 tahun - sedikit lebih besar dari orbit Pluto 248 tahun.

Jika Anda bisa berdiri di atas KOI-5Ab, KOI-5A akan mendominasi langit. KOI-5B akan terlihat sangat mirip dengan Matahari dari Saturnus (Saturnus pada orbit matahari 29 tahun). Dan KOI-5C akan terlihat seperti bintang yang sangat terang.

Dan orbit KOI-5Ab tidak sejajar dengan KOI-5B, yang menarik. Jika semua benda terbentuk dari piringan materi yang berputar-putar yang sama, mereka harusnya kurang lebih sejajar pada bidang yang sama, seperti planet-planet Tata Surya di sekitar ekuator Matahari. Para peneliti berpikir bahwa KOI-5B dapat secara gravitasi mengganggu orbit planet ekstrasurya, menendangnya keluar dari keselarasan saat planet itu terbentuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper