Astronot Temukan Fenomena Kilatan Cahaya Langka di Atmosfer Bumi dari Luar Angkasa

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:25 WIB
Blue 'Luminous Event'/Science Alert
Blue 'Luminous Event'/Science Alert
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Astronot Prancis Thomas Pesquet menangkap sesuatu yang sangat langka dari dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Foto yang diabadikannya itu, mungkin terlihat seperti bom kobalt yang meledak di Eropa, tetapi cahaya biru yang tampak menakutkan ini tidak menimbulkan kerusakan apa pun. Faktanya, kebanyakan orang tidak akan pernah menyadarinya terjadi.

Fenomena ini bisa juga disebut 'peristiwa bercahaya sementara', fenomena seperti kilat yang menyambar ke atas di atmosfer bagian atas.

Juga dikenal sebagai petir atmosfer atas, peristiwa bercahaya sementara adalah sekelompok fenomena terkait yang terjadi selama badai petir, tetapi jauh di atas tempat petir normal akan muncul. 

Ada 'semburan biru', yang terjadi lebih rendah di stratosfer, dipicu oleh petir. Jika petir merambat melalui wilayah bermuatan negatif (atas) dari awan badai sebelum melewati wilayah positif di bawah, petir akhirnya akan menyambar ke atas, memicu cahaya biru dari nitrogen molekuler.

Lalu ada SPRITES merah (Stratospheric/mesospheric Perturbations Result from Intense Thunderstorm Electrification) pelepasan listrik yang sering menyala merah, terjadi tinggi di atas sel badai petir, dipicu oleh gangguan dari petir di bawah dan ELVES merah yang sedikit redup (Emisi Cahaya dan Sangat Gangguan Frekuensi Rendah karena Sumber Pulsa Elektromagnetik) di ionosfer.

Berpegang pada tema, ada juga TROLL (Transient Red Optical Luminous Lineaments) yang muncul setelah SPRITES yang kuat, serta Pixies dan GHOSTS. Kami yakin para ilmuwan sangat senang menyebutkan semua fenomena ini.

"Yang menarik dari petir ini adalah bahwa hanya beberapa dekade yang lalu mereka telah diamati secara anekdot oleh pilot, dan para ilmuwan tidak yakin mereka benar-benar ada," jelas Pesquet dalam keterangan foto seperti dilansir dari Science Alert.

"Maju cepat beberapa tahun dan kami dapat mengkonfirmasi elf, dan sprite sangat nyata dan dapat mempengaruhi iklim kita juga!"

Meskipun Pesquet tidak menjelaskan secara spesifik jenis peristiwa bercahaya yang dilihat, gambar khusus ini mungkin menunjukkan 'starter biru', yaitu pancaran biru, yang menciptakan lebih pendek dan lebih terang.

Peristiwa ini sangat sulit untuk dipotret dari tanah karena keduanya sangat tinggi di langit dan juga sering dikaburkan oleh awan badai. Plus, fenomena biasanya hanya berlangsung selama milidetik atau beberapa detik setiap kali.

Dengan mempertimbangkan semua hal tersebut, ISS menjadi tempat yang sangat tepat untuk mencari peristiwa sementara ini, terutama jika Anda mengaktifkan selang waktu. Sejauh ini kita telah melihat sejumlah peristiwa yang ditangkap oleh astronot di ISS, dan sebagian kecil diambil dari darat.

Menariknya, Bumi bahkan bukan satu-satunya tempat di mana pertunjukan cahaya itu terjadi, dimana peneliti menemukan tahun lalu bahwa 'sprite biru' juga terjadi di Jupiter.

"Stasiun Luar Angkasa sangat cocok untuk observatorium ini karena terbang di atas khatulistiwa di mana ada lebih banyak badai petir," kata Pesquet.

"Ini adalah kejadian yang sangat langka dan kami memiliki fasilitas di luar laboratorium Columbus Eropa yang didedikasikan untuk mengamati kilatan cahaya ini."

Kami berharap penelitian ini akan memberi kita lebih banyak foto dari fenomena luar biasa ini di masa depan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper