Menang Tender BTS 4G, XL Siapkan Kebutuhan Teknis dan Komersial

Leo Dwi Jatmiko
Minggu, 10 Oktober 2021 | 11:59 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. akan mempersiapkan hal-hal yang bersifat teknis dan komersial usai dinyatakan memenangkan tender Base Transceiver Station (BTS) 4G Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti)

Perusahaan berkode saham EXCL itu memenangkan 1 area dari 9 area yang dilelang. Telkomsel menguasai 8 area sisanya.

Mengenai langkah selanjutnya yang akan diambil perusahaan setelah dinyatakan menang, Head of External Communication XL Axiata Henry Wijayanto mengatakan perseroan akan mulai mempersiapkan hal-hal yang bersifat teknis.

XL juga akan mempersiapkan skema komersial mengingat pada 2022, BTS 4G ditargetkan telah terbangun dan beroperasi di daerah 3T itu.

“XL Axiata akan memulai segala persiapan yang dibutuhkan, baik secara teknis maupun komersial,” kata Henry kepada Bisnis, Sabtu (9/10).

Henry menambahkan perseroan akan akan mempersiapkan integrasi jaringan bersama Bakti, serta melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait guna mempercepat layanan di area ini.

Mengenai rendahnya literasi masyarakat terhadap internet atau penetrasi ponsel pintar di sana, kata Henry, perseroan telah melakukan asesmen baik dari sisi teknis maupun komersial.

Dari sisi teknis, XL mempertimbangkan kesiapan dari infrastruktur yang ada untuk mendukung kerja sama integrasi jaringan bersama Bakti termasuk segala upaya yang dibutuhkan dalam proses ini.

Dari sisi komersial, perseroan telah mempertimbangkan potensi pengembangan wilayah tersebut.

“Termasuk potensi pendapatan yang bisa diperoleh dalam mendukung kelangsungan bisnis perusahaan kedepannya, juga mendukung pemerataan akses internet,” kata Henry.

Sekadar informasi, XL memenangkan tender di area Sumatra. Adapun BTS di area tersebut nantinya tersebar di daerah Aceh, Bengkulu, Kepri, Lampung, Riau, Sumatra Barat, dan Sumatra Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper