Kabel Laut Jasuka Sudah Diperbaiki, Telkom: Jaringan Kembali Pulih

Akbar Evandio
Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:22 WIB
Logo Indihome/Twitter.com
Logo Indihome/Twitter.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) menyatakan sistem komunikasi kabel laut Jawa-Sumatera-Kalimantan (Jasuka) telah kembali beroperasi secara normal. 

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan kabel laut Jasuka telah pulih dan kembali operasi secara normal sejak Senin (4/10/2021) pukul 05.30 WIB.

"Alhamdulillah saat ini kabel laut Jasuka sudah kembali pulih dan melayani trafik telekomunikasi dengan normal sehingga pelanggan dapat merasakan kembali pengalaman digital dari beragam layanan TelkomGroup," katanya lewat keterangan resmi, Selasa (5/10/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan gangguan jaringan dialami pelanggan lantaran sehari sebelumnya penyambungan kabel yang sempat terputus pada ruas Batam-Pontianak yang sejak kemarin juga telah selesai dilakukan.

Dia menyebutkan proses perbaikan tersebut lebih cepat dari target waktu yang diperkirakan semula yakni selama sebulan.

Pujo menambahkan perusahaan akan terus melakukan monitoring trafik dan layanan guna memastikan kualitas layanan yang dirasakan pelanggan tetap prima.

"Kenyamanan pelanggan merupakan prioritas kami sehingga kami akan terus memastikan keandalan kualitas infrastruktur, jaringan, dan layanan," ujarnya.

Dia berharap, ke depan layanan TelkomGroup ini dapat mendukung beragam kebutuhan pelanggan yang sarat akan teknologi digital.

“Karena kami meyakini dengan adanya digitalisasi di berbagai sisi dapat menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” tuturnya.

Sekadar informasi, pada 19 September 2021 jaringan IndiHome mengalami gangguan secara tiba-tiba (down). Adapun, setelah ditelusuri alasan gangguan disebabkan rusaknya kabel laut pada sistem komunikasi kabel laut di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam - Pontianak.

Gangguan tersebut terjadi pada Minggu 19 September, tepatnya mulai sekitar pukul 17.33 WIB. Gangguan itu berdampak pada penurunan kualitas layanan Telkom Group, baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper