Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jaringan 4G Telkomsel Meningkat Usai Lakukan Refarming

Telkomsel melakukan refarming sebagian spektrum tersebut untuk meningkatkan kapasitas jaringan 4G.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 23 September 2021  |  22:04 WIB
Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan. istimewa
Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengalihkan sebagian spektrum frekuensi di pita 2,1 GHz dari 3G ke 4G.

Menurut Opensignal, perusahaan swasta yang fokus pada pemetaan jaringan nirkabel, aksi tersebut membuat kualitas 3G tetap terjaga dan kualitas 4G Telkomsel meningkat di beberapa kota.

Peneliti Opensignal Hardik Khatri mengatakan Telkomsel dahulunya mengandalkan tiga saluran downlink 5 MHz di Band 1 (pita 2100 MHz) untuk menyediakan layanan 3G di 40 kota terbesar di Indonesia.

Hanya saja, sambungnya, dalam 8 bulan terakhir, Telkomsel mengatur ulang sebagian spektrum tersebut untuk meningkatkan kapasitas jaringan 4G-nya. Telkomsel menyisakan satu saluran downlink 5 MHz saja untuk 3G, dari sebelumnya tiga saluran.

“Pada awal tahun, operator telah memperbarui dua dari tiga saluran downlink 5 MHz dari 3G ke 4G di 10 kota,” kata Hardik dalam siaran pers, Kamis (23/9/2021).

Adapun 10 kota yang dimaksud adalah Kota Bandung, Kota Tangerang, Kota Sukabumi, Kota Malang, Semarang, Surakarta, Palembang, Denpasar, Mataram dan Kota Yogyakarta.

Lebih lanjut, sambungnya, pada akhir Agustus 2021, Telkomsel melakukan repurpose 10 MHz (2x5 MHz) di 35 dari 40 kota termasuk ibu kota Jakarta, Balikpapan, Tasikmalaya, Ambon, dan Kota Jayapura Papua.

Kemudian di Medan, Makassar, Palangka Raya dan Tarakan. Kota Gorontalo adalah satu-satunya pengecualian, Telkomsel tetap menggunakan spektrum sebesar 15 MHz pada pita 2100 MH untuk 3G.

Dampak
Sementara itu bagi pelanggan Telkomsel, aktivitas refarming tersebut membuat pengalaman mereka berubah. Pada Agustus 2021, kecepatan unduh 4G rata-rata mencapai 21,6 Mbps, naik 16,8 persen dibandingkan dengan Januari 2021 yang hanya 18,5 Mbps.

Selain karena refarming, peningkatan kualitas jaringan juga disebabkan peningkatan kualitas jaringan. Meski dilakukan refarming, ternyata kecepatan rata-rata unduh 3G tidak mengalami perubahan yang signifikan antara Januari 2021 dan Agustus 2021 (secara absolut).

Kecepatan rata-rata unduh 3G Telkomsel pada Agustus 2021 sebesar 7,6 Mbps, naik 0,7 Mbps dibandingkan dengan Januari 2021 yang sebesar 6,9 Mbps.

“Bahwa 5 MHz spektrum Band 1 cukup bagi Telkomsel untuk mendukung lalu lintas yang ada di jaringannya,” kata Hardik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel 4g
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top