Apple Rilis iOS 15, Ini 7 Fitur Baru yang Tersedia

Newswire
Rabu, 22 September 2021 | 07:40 WIB
Apple. /Bloomberg
Apple. /Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Apple baru saja meluncurkan sistem operasi teranyarnya, yakni iOS 15, untuk iPhone maupun iPad.

Dengan pembaruan perangkat lunak tersebut, para pengguna pun otomatis mendapatkan beragam fitur baru yang lebih menarik daripada sebelumnya.

Dilansir dari laman resmi Apple, diketahui bahwa terdapat tujuh fitur baru yang ditawarkan antara lain untuk FaceTime, Maps, dan Live Text.

Untuk lebih lengkapnya, berikut macam dan fungsi fitur baru di iOS 15.

1. FaceTime
Apple memberikan audio spasial untuk suara dan video FaceTime guna memberi kesan di mana pengguna merasa berhadapan langsung dengan lawan bicara. Lalu, mikrofon ponselnya memiliki fitur Voice Isolation yang berguna mengurangi suara di latar belakang agar suara pengguna lebih terdengar.

Apple juga membawa mode potret yang ada di kamera iPhone untuk panggilan video FaceTime di mana latar belakang pengguna akan terlihat kabur. Fitur-fitur baru ini juga berlaku untuk aplikasi ketiga seperti Zoom dan Webex.

2. Focus
Apple mengizinkan penggunanya membuat sendiri profil Focus. Fitur baru ini digunakan untuk mengurangi gangguan dengan mengatur notifikasi yang muncul pada layar ponsel. Nantinya, saat diaktifkan, mode Focus hanya menampilkan notifikasi dari orang dan aplikasi yang diizinkan.

3. Notifikasi
Pembaruan iOS 15 memberikan ikon notifikasi yang lebih besar dan foto kontak agar lebih mudah dikenali. Ponsel iPhone kini memiliki ikhtisar notifikasi yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengatur notifikasi berdasarkan prioritas.

4. Live Text
Fitur ini membuat teks pada foto menjadi interaktif. Pengguna bisa mengenali teks yang ada di foto dan memungkinkan mereka untuk melihat informasi atau menerjemahkan teks tersebut.

5. Apple Maps
Apple memperbarui tampilan untuk aplikasi Maps agar bisa memberikan gambaran lebih rinci tentang sebuah kawasan.

6. Notes
Pengguna bisa membuat penanda (tag) agar tulisan pada aplikasi Notes lebih tertata. Apple juga memberikan fitur kolaborasi, yaitu dengan menuliskan nama pengguna diawali tanda "@".

7. Kontrol Privasi
Apple menjanjikan lebih banyak transparansi pada iOS 15 agar pengguna memiliki lebih banyak kontrol terhadap data mereka. Fitur Mail Privacy Protection tidak mengizinkan pengirim mengetahui apakah email sudah dibuka dan menyembunyikan alamat IP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper