Saratoga hingga eWTP Tanam Modal ke Startup Insurtech

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 16 September 2021 | 11:27 WIB
Ilustrasi startup/
Ilustrasi startup/
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - eWTP Technology and Investment Fund, CE Innovation Capital (CEIC), dan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (Saratoga) terlibat dalam dana tambahan untuk putaran pendanaan seri B yang diterima oleh Fuse.

Namun, dana tambahan dalam putaran pendanaan yang diterima perusahaan rintisan yang bergerak di sektor finansial (asuransi) tersebut tidak disebutkan.

Bulan lalu, Fuse telah meraih pendanaan yang dipimpin oleh GGV Capital dengan partisipasi dari investor terdahulu, termasuk East Ventures (Growth Fund), SMDV, Golden Gate Ventures, Heyokha Brothers, Emtek, dan lainnya.

Presiden Direktur Saratoga Michael WP Soeryadjaya mengatakan investasi yang digelontorkan merupakan upaya Saratoga untuk memperkuat portofolionya di sektor teknologi digital.

Sektor ini, kata Soeryadjaya, menunjukkan potensi yang besar untuk tumbuh, didorong oleh pertumbuhan yang pesat di penggunaan teknologi digital dan inklusi finansial di Indonesia.

“Sebagai pemimpin sektor insurtech di Indonesia, Fuse dapat memberikan solusi dan akses yang lebih baik bagi orang-orang untuk memilih produk asuransi yang tepat,” kata Soeryadjaya dalam siaran pers, Kamis (16/9/2021).

Sekadar informasi, Fuse didirikan pada 2017 dan dioperasikan oleh dua veteran industri, Andy Yeung dan Ivan Sunandar. Mereka telah memiliki lebih dari 60.000 mitra agen/broker dan telah bekerja sama dengan lebih dari 30 perusahaan asuransi di lapangan dengan lebih dari 300 produk asuransi di dalam platform.

Fuse membukukan total GWP mencapai lebih dari US$50 juta (Rp720 miliar) pada 2020.

Sementara itu Partner dan CFO eWTP Jiang Dawei mengatakan sebagai pemimpin pasar insurtech Indonesia, Fuse memiliki proposisi nilai unik.

Fuse dapat memberdayakan kanal penjualan tradisional dengan menghubungkan berbagai perusahaan asuransi yang selama ini tersebar dengan jaringan agen besar dan menyediakan produk asuransi yang komprehensif bagi agen/broker.

“Fuse juga telah mendemonstrasikan kemampuan untuk memanfaatkan produk asuransi inovatif dan mutakhir dari negara lain untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang istimewa,” kata Dawei.

eWTP Technology and Investment Fund (eWTP) didirikan dengan target investasi startup di negara-negara berkembang. Dana senilai $600 juta dikelola sejak 2018 dan eWTP telah memiliki investasi di India, Vietnam, dan Thailand. Fuse adalah langkah pertama eWTP memasuki Indonesia, ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara.

CEO Fuse Andy Yeung menyambut baik eWTP, CEIC, dan Saratoga sebagai investor. “Kami menantikan pengalaman-pengalaman berharga yang akan diperoleh dari mereka,” kata Andy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper