Indosat (ISAT) dan XL (EXCL) Berlomba Gaet Pelanggan Produk Prabayar Digital

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 8 September 2021 | 10:59 WIB
Pengunjung berada di gerai ponsel pintar di sebuah pusat perbelanjaan, di Jakarta, Rabu (20/6/2018)./JIBI-Dwi Prasetya
Pengunjung berada di gerai ponsel pintar di sebuah pusat perbelanjaan, di Jakarta, Rabu (20/6/2018)./JIBI-Dwi Prasetya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) bersaing dalam meningkatkan jumlah pelanggan produk prabayar digital. Indosat mengandalkan MPWR sementara XL mengandalkan Live.On.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tbk. Tri Wahyuningsih mengatakan Live.On terus mencatatkan pertumbuhan jumlah pelanggan, didorong oleh meningkatnya kebutuhan beraktivitas secara digital di masyarakat.

Ayu tidak menyebutkan berapa jumlah pengunduh atau jumlah pengguna Live.On saat ini. Ayu hanya menceritakan di sisa empat bulan terakhir 2021, Live.On akan terus meningkatkan kemitraan untuk mendorong penetrasi produk Live.On di masyarakat.

“Kami terus berupaya meningkatkan kemitraan yang berkelanjutan di luar e-commerce serta terus menyediakan beragam produk digital yang relevan dengan kebutuhan masyarakat,” kata Ayu, Rabu (8/9/2021).

Ayu mengatakan tantangan terberat dalam mendorong produk ini adalah membangun kesadaran masyarakat tentang keberadaan produk Live.On. Menurutnya, permasalahan mengenai membangun citra produk prabayar digital juga dirasakan oleh operator lain.

Sekadar informasi, pelanggan Live.On tergabung dalam pelanggan XL Axiata, di mana pada kuartal II/2021, jumlah pelanggan XL mencapai 56,7 juta pelanggan, naik sekitar 1,1 juta pelanggan secara tahunan.

Sementara itu, perwakilan MPWR - produk prabayar digital milik Indosat - sepakat dengan Ayu. MPWR pun akan fokus dalam membangun citra dan memperkenalkan produk kepada masyarakat di sisa tahun 2021. Produk yang meluncur pada akhir 2019 itu belum terlalu dikenal oleh masyarakat.

“Kami sedang mengerjakan beberapa strategi termasuk kampanye digital awareness yang kami yakini akan mendorong pertumbuhan digital brand,” kata perwakilan MPWR.

Perwakilan MPWR juga menyebut sejak akhir 2019 hingga hingga kuartal II/2021, pertumbuhan pelanggan berjalan baik sesuai rencana, khususnya didorong oleh penawaran produk gaya hidup digital dan produk yang kompetitif.

MPWR tidak menyebutkan jumlah pelanggan yang dimiliki. Sama seperti Live.On, MPWR juga tergabung dengan pelanggan Indosat yang saat ini mencapai 60,3 juta, naik sekitar 3,1 juta secara tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper