Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gojek, Bukalapak, Tokopedia Hilang dari Daftar Unikorn CB Insights, Ada Apa?

Sejumlah startup Indonesia seperti Gojek, Bukalapak, hingga Tokopedia nampak hilang dari daftar unikorn yang dirilis CB Insights.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 06 September 2021  |  13:45 WIB
Gojek, Bukalapak, Tokopedia Hilang dari Daftar Unikorn CB Insights, Ada Apa?
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Berdasarkan data unikorn CB Insights, sejumlah startup Indonesia yang memiliki valuasi di atas US$1 miliar seperti Gojek, Bukalapak, Tokopedia, hingga Online Pajak tidak terlihat.

Ketua Umum Indonesian Digital Empowering Community (IDIEC) M. Tesar Sandikapura mengatakan jika ada kemungkinan hal itu terjadi karena valuasi perusahaan.

"Keluarnya sejumlah unikorn Indonesia belum diketahui pasti. Namun, ada dugaan bahwa CB Insights tidak memasukkan jejeran startup unikorn tersebut karena valuasi yang berubah," katanya, Senin (6/9/2021).

Valuasi yang dimaksudkan adalah nilai ekonomi dari startup tersebut alami kenaikan sehingga menjadi level dekakorn, atau justru menurun

Sebelumnya ada tujuh entitas startup Indonesia yang bertengger di CB Insights. Kini hanya ada tiga startup yang tersisa yaitu J&T Express, OVO, dan Traveloka.

Namun, Tesar lebih beranggapan jika keluarnya Gojek, Bukalapak, dan Tokopedia dari daftar unikorn CB Insights karena perusahaan rintisan tersebut telah naik kelas. Menurutnya startup tersebut kini telah berubah status menjadi dekakorn.

Apalagi, jika melihat data dari CB Insight Juli 2021, Gojek telah mencetak valuasi US$10 miliar, kemudian Tokopedia US$7 miliar, dan Bukalapak US$3,5 miliar bukan tidak mungkin levelnya naik.

Dia berpendapat hilangnya startup unikorn dari daftar CB Insights tidak akan mempengaruhi posisi industri startup Indonesia di mata internasional. Baik dari sisi minat investasi atau kinerja ke depan tidak akan terganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp Unicorn
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top