Wow! Gamer Mobile Habiskan Rp24 Triliun per Minggu, Buat Top Up

Akbar Evandio
Sabtu, 21 Agustus 2021 | 14:45 WIB
Ilustrasi aplikasi mengenai batik, dari edukasi hingga game, di perangkat iOS dan Android./Antara
Ilustrasi aplikasi mengenai batik, dari edukasi hingga game, di perangkat iOS dan Android./Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Aktivitas bermain gim makin rutin dan gemar dilakukan masyarakat diyakini menjadi katalis bagi peningkatan layanan top up (isi ulang) gim.

Berdasarkan laporan 2021 Mobile Gaming Tear Down yang dirilis AppAnnie, pengguna Android dan iOS secara global menghabiskan US$1,7 miliar atau sekitar Rp24,4 triliun per minggu untuk membeli item gim.

Adapun, transaksi in-app purchase tersebut merupakan kebiasaan pengguna Android dan iOS secara global sepanjang semester I/2021. Apabila, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, angka tersebut meningkat sekitar 24 persen dan 40 persen lebih tinggi jika disandingkan dengan paruh pertama dua tahun lalu (2019).

Laporan tersebut juga menuliskan peningkatan pengeluaran pemain gim tadi juga membuat makin banyak gim mobile dari ponsel pintar yang menyentuh angka pendapatan in-app purchase mencapai US$1 juta sekitar Rp14,3 miliar.

Sepanjang enam bulan pertama pada 2021, ada sekitar 810 gim berbasis ponsel pintar yang menyentuh angka tersebut, meningkat sekitar 6 persen dari periode yang sama tahun lalu dan 25 persen dari periode yang sama dua tahun lalu.

Sementara itu, tiga gim yang sukses menggaet banyak pengguna untuk melakukan in-app purchase adalah Roblox, Genshin Impact, dan Honour of Kings. Adapun, AppAnnie turut memprediksi bahwa pasar gim mobile akan mencetak pendapatan US$120 miliar sekitar Rp 1.723 triliun pada 2021.

Hal tersebut mengartikan adanya peningkatan yang akan mencapai 19 persen dibanding pasar gim mobile pada 2020, atau 40 persen apabila dibandingkan dengan tahun 2019.

Pemilik usaha top up gim ewshopz, Erick Wilson pun mengamini sejak beberapa tahun terakhir dunia gim makin ramai. Hal tersebut berimbas pada makin dibutuhkannya layanan isi ulang bermain gim.

Menurutnya, para pemain gim mobile semakin rela menghabiskan uang mereka untuk membeli barang di dalam game (in-game item) favoritnya.

"Untuk memberikan kemudahan bagi para gamers, ewshopz hadir dengan layanan yang memungkinkan bertransaksi melalui berbagai platform keuangan," tuturnya lewat rilisnya, Sabtu (21/8/2021).

Selanjutnya, dia mengatakan untuk mendukung pertumbuhan sektor e-sport, ewshopz memberi tawaran promo dan paket harga yang terjangkau. Selain memang ewshopz juga berpartisipasi dan menginisiasi event bagi pengemar e-sport.

"Untuk mendukung e-sport dan mengapresiasi pelanggan, kita tawarkan paket terjangkau dan kita juga adakan event untuk memfasilitasi pencinta games e-sport. Semoga banyak talent muda bermunculan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper