Intip Strategi Telkomsel Kembangkan 5G untuk Pelanggan Ritel

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 3 Agustus 2021 | 17:07 WIB
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kerja sama seluruh pemangku kepentingan dibutuhkan untuk menghadirkan kasus pemanfaatan 5G yang lebih optimal dan bermanfaat bagi masyarakat.

Vice President Corporate Communications PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Denny Abidin mengatakan pengembangan 5G untuk pelanggan ritel harus dilakukan menyeluruh, bukan hanya dari penyedia jaringan.

Seluruh pemangku kepentingan yang terlibat, seperti penyedia perangkat pintar untuk segmen konsumer dan penyedia kasus pemanfaatan yang memanfaatkan jaringan 5G - seperti penyedia video streaming dan mobile gaming - perlu bekerja sama.

“Juga dukungan pemerintah yang dapat menyediakan payung kebijakan agar layanan 5G dapat makin berkembang di Indonesia,” kata Denny kepada Bisnis.com, Selasa (3/8/2021).

Denny menambahkan sama seperti pengembangan jaringan-jaringan sebelumnya, penguatan pada Perangkat - Jaringan - Aplikasi (Device-Network-Application/DNA) yang berjalan beriringan akan makin mempermudah dan mempercepat masyarakat dalam memanfaatkan layanan 5G untuk mendukung aktivitas keseharian.

Telkomsel, ujar Denny, juga akan terus mendengarkan masukan dari masyarakat untuk dapat menghadirkan produk dan layanan 5G yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Telkomsel ingin menyuguhkan paket layanan 5G yang terjangkau dan bundel layanan dengan skema yang menarik.

“Diharapkan dapat mendorong percepatan adopsi dan adaptasi masyarakat untuk pemanfaatan layanan 5G ke depannya,” kata Denny.

Selain paket untuk konektivitas digital segmen pelanggan ritel, kata Denny, Telkomsel juga akan mendorong layanan internet rumah, yang salah satunya melalui layanan Telkomsel Orbit 5G.

Dengan layanan Orbit 5G, cakupan jaringan 5G Telkomsel di wilayah residensial dan pusat bisnis akan makin luas.

Sekadar informasi, Telkomsel merupakan pionir 5G di Tanah Air. Pada 27 Mei 2021, Telkomsel dinyatakan uji layak operasi (ULO) 5G oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Telkomsel terus menggelar jaringan 5G dan telah tersedia di 9 kota. Tidak hanya pasar ritel, jaringan 5G Telkomsel juga telah hadir di industri manufaktur.

Salah satu mitra manufaktur yang telah menggunakan solusi 5G IoT Telkomsel adalah Schneider Electric. Schneider menjalankan beberapa program pemanfaatan 5G di industri mulai dari virtual tour, EcoStruxure™ Augmented Operator Advisor dan EcoStruxure™ Machine Advisor.

Solusi tersebut mampu menurunkan waktu perawatan perangkat manufaktur hingga 44 persen, dibandingkan tanpa menggunakan solusi IoT 5G. Tidak hanya itu, mitra juga dapat melakukan efisiensi operasional hingga 12 persen dan efiensi scrapt cost hingga 40 persen.

Scrap/rework cost adalah biaya yang muncul dari komponen atau bahan yang terbuang selama proses produksi ditambah dengan biaya memperbaiki produk yang cacat agar lolos inspeksi akhir.

Kemudian dari sisi penerimaan komplain pelanggan turun sebesar 24 persen, rata-rata layanan suplai meningkat sebesar 70 persen dan ketepatan waktu barang sampai ke pelanggan juga meningkat mencapai 40 persen.

Dalam penguatan ekosistem 5G, Telkomsel melalui Telkomsel Mitra Inovasi juga sedang memburu perusahaan rintisan yang memiliki solusi teknologi berbasis 5G. Telkomsel ingin tumbuh bersama dengan perusahaan rintisan tersebut.

“Kami melihat [perusahaan rintisan] yang bisa membantu dari sisi komputasi awan, blockchain, dan hal-hal yang sifatnya terkoneksi dengan 5G Telkomsel,” kata Direktur Utama Telkomsel Mitra Inovasi Marlin R. Siahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper