Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Dijual, Ini Harganya

Meuthia Novianthree Nafasya
Senin, 2 Agustus 2021 | 12:55 WIB
Surat lamaran kerja Steve Jobs dijual./appleinsider
Surat lamaran kerja Steve Jobs dijual./appleinsider
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Surat lamaran pekerjaan milik mendiang Steve Jobs, pendiri Apple berhasil terjual seharga US$343.000 atau setara dengan Rp4,9 Miliar di acara pelelangan yang dilaksanakan di akhir pekan lalu. 

Surat Lamaran yang dibuat Steve Jobs pada tahun 1973 itu terdiri dari dua versi yakni kertas dan digital. Dokumen kertas menghasilkan lebih banyak tawaran daripada versi digital yang juga dijual sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan. 

Melansir dari appleinsider.com, versi digital yakni NFT berhasil terjual dengan harga US$23.000, menurut website yang dikelola oleh penyelenggara lelang Olly Joshi. 

Ketika Joshi mendaftarkan item tersebut di awal bulan ini, dia memposisikan versi NFT sebagai eksperimen.

“Apakah ini akan membuka pasar baru untuk koleksi terdesentralisasi? Akankah ini memperkuat status-quo? Atau bisakah kita melihat jalan buntu dengan pemahaman baru bahwa keduanya dapat hidup berdampingan dan bahkan saling melengkapi saat kita melintasi 50 tahun inovasi ke depan?,” kata Joshi yang dikutip Bisnis.com pada Senin, (02/08). 

Surat lamaran Steve Jobs telah menerima tawaran harga selama bertahun-tahun, terakhir dijual seharga US$223.000 pada bulan Maret. Sebelumnya pada tahun 2018 juga terdaftar seharga hampir US$175.000. 

Tidak banyak yang diketahui mengenai dokumen tersebut. Steve Jobs mengisinya ketika dia berusia 18 tahun saat mengikuti kelas audit di Reed College. Dia keluar dari Reed College setelah enam bulan, tetapi Steve Jobs tetap terus mengikuti berbagai kelas seni liberal selama satu setengah tahun berikutnya. 

Selain surat lamaran, perangkat keras Apple pertama dan memorabilia Jobs juga kerap kali dilelang dengan harga tinggi. Contohnya, komputer pertama Apple-1 yang dijual seharga US$1 juta pada tahun 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper