Telegram Hadirkan Pembaruan, Ini Deretan Fitur Unggulannya

Newswire
Minggu, 1 Agustus 2021 | 14:24 WIB
Aplikasi Telegram/Istimewa
Aplikasi Telegram/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Telegram membeberkan serangkaian fitur terbaru dan pembaruan yang dilakukannya di aplikasi perpesanan miliknya. Paling signifikan adalah fitur yang disebut Group Video Calls 2.0.

Setelah peluncuran pada Juni lalu, fitur ini telah dikembangkan lagi untuk memungkinkan setiap panggilan video bisa ditonton sampai 1.000 orang. Jumlah maksimal peserta dalam panggilan telepon dan membagi layar serta audionya tak berubah yakni 30 orang.

Tetapi, Telegram bergurau kalau batas kemampuan fitur ini masih akan terus bertambah sampai, “seluruh manusia di Bumi bisa join ke sebuah group call.”

Pesan video di Telegram juga sekarang diperbarui menjadi 2.0. Ini memberikan resolusi yang lebih tinggi, dan penggunanya dapat mengambil dan melihat setiap klip video yang datang dengan gambar yang lebih detil.

Ketika pengguna merekam pesan videonya, Telegram mengatakan audio dari perangkat bisa tetap diputar untuk memberi audio latar belakang seperti yang diinginkan.

“Jadi Anda kini dapat sambil bernyanyi lagu favorit atau memutar musiknya tanpa harus pause podcast anda. Termasuk bisa melakukan zoom in ketika sedang merekam dengan kamera belakang,” kata Telegram, dikutip dari tempo.co, Minggu (1/8/2021).

Video-video yang dikirim melalui Telegram sekarang juga bisa ditonton dalam kecepatan 0.5X, 1.5X, atau 2.0X. Pada sistem operasi Android juga tersedia dukungan kecepatan 0.2X.

Telegram juga memungkinkan panggilan video 1-on-1 berbagi layar dengan suara, dan ada interval auto-delete baru untuk menghapus pesan-pesan setelah satu bulan—lebih Panjang dari opsi sebelumnya yang selama seminggu. Pengguna juga kini dapat menggambar lebih tepat atau detail sebelum mengirimnya ke teman atau grup.

Bakal tersedia lebih banyak animasi dalam passcode layar, dan pesan yang ditambahkan ke sebuah chat akan beranimasi dalam sebuah cara baru seperti halnya pada aplikasi Android.

Sebuah opsi reset password baru juga telah ditambahkan ke pengaturan aplikasi yang akan membantu satu pengguna memulihkan password dalam 7 hari jika mereka tidak memiliki cadangan password pemulih.

Terakhir, ada sejumlah animasi emoji termasuk emoji menari, salam fist bump, patah hati, dan wajah sedih. Aplikasi iOS juga mendapatkan integrasi dengan aplikasi kamera di iOS sehingga pengguna Telegram dapat berpindah ke aplikasi zoom atau kamera yang lebih lebar ketika mengambil sebuah foto secara langsung di aplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper