Tips Penting Pilih Provider Internet di Rumah Selama PPKM Darurat

Newswire
Jumat, 2 Juli 2021 | 16:12 WIB
Internet. /Ilustrasi
Internet. /Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta — Kebutuhan internet saat ini menjadi penting di tengah pembatasan sosial yang mengharuskan segala aktivitas dikerjakan dari rumah. Oleh karena itu, memilih provider internet yang baik juga menjadi hal yang penting, agar aktivitas tersebut berjalan tanpa gangguan koneksi.

Product Manager dari perusahaan telekomunikasi MyRepublic Chandra Setiasa, memberikan gambaran secara umum bagaimana cara memilih provider internet yang baik. “Saya punya tiga kunci memilih provider internet yang optimal,” ujar dia dalam acara peluncuran virtual produk Wi-Fi baru, Rabu, 30 Juni 2021.

Berikut tips memilih provider internet untuk di rumah:

1. Harga kompetitif 

Hal yang pertama, Chandra menyarankan, carilah provider yang menawarkan paket internet dan TV kabel dengan biaya paling kompetitif dibandingkan yang lain. Tapi, perhatikan juga bagaimana kualitas internetnya. “Dapatkan provider yang mempunyai kecepatan yang lebih tinggi, koneksi lebih stabil, dan kuota tanpa batas dengan harga yang cocok,” tutur Chandra.

2. Benar-benar tanpa batas kuota

Hampir semua perusahan jasa penyedia layanan internet menerapkan kebijakan Fair Usage Policy (FUP), yang diartikan sebagai kebijakan batas pemakaian wajar paket internet unlimited yang diberlakukan provider. FUP merupakan batas pemakaian wajar dari paket Internet yang dibeli oleh penggunanya.

Chandra meminta agar mencari provider yang sama sekali tidak memberlakukan kebijakan itu. “Sehingga kamu bisa streaming ataupun download semua film dan game favoritmu, tanpa khawatir akan penurunan kecepatan,” ujar dia.

3. Download dan upload sama cepat

Chandra juga menyarankan agar mencari provider internet dengan rasio download dan upload terbaik, yang menjawab semua kebutuhan berinternet. Rasio yang direkomendasikannya adalah 2:1 sampai 1:1. “Karena biasanya provider memberikan kamu rasio 4:1 bahkan ada yang 10:1 antara downlload dan upload. Jadi carilah yang lebih baik dari itu,” katanya menutup tips teknologi kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper