Simak! Kini Telegram Hadirkan Grup Video dan Latar Belakang Animasi

Newswire
Senin, 28 Juni 2021 | 09:45 WIB
Telegram. /Telegram
Telegram. /Telegram
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Telegram telah mengumumkan beberapa pembaruan signifikan di platform itu. Peningkatan aplikasi pesan itu menghadirkan sesuatu yang signifikan pada fitur panggilan video, serta tampilan user interface (UI) dan desain. 

Sisi panggilan video di Telegram mendapatkan banyak perubahan baru, banyak di antaranya tampaknya terinspirasi oleh pembaruan Apple ke FaceTime selama WWDC 2021. Telegram saat ini mendapat dukungan panggilan video grup. 

Dikutip tempo.co, Senin (28/6/2021), pengguna harus memulai panggilan suara grup, kemudian mengetuk ikon kamera, dan akan otomatis menempatkan dalam panggilan video grup. Meskipun tidak ada batasan jumlah peserta panggilan suara grup di Telegram, panggilan video grup saat ini dibatasi hingga 30 orang. 

Selain berbagi umpan kamera, pengguna juga dapat berbagi layar dengan orang lain di panggilan video. Pada ponsel cerdas dan tablet, secara default seluruh tampilan dibagikan. Di desktop, pengguna memiliki pilihan untuk berbagi seluruh layar atau jendela tertentu. 

Telegram juga telah menambahkan fitur peredam bising latar belakang yang diperbarui ke obrolan suara. Seperti Apple, Telegram juga sekarang menawarkan untuk mematikannya jika pengguna ingin mengirim semua suara yang ditangkap mikrofon tanpa perubahan apa pun. 

Di tablet dan desktop, panggilan video menampilkan tampilan layar terpisah yang besar dari kisi video bersama dengan daftar peserta. Panggilan video grup di desktop juga merupakan jendela terpisah sehingga pengguna dapat melakukan hal lain tanpa meminimalkan panggilan video. 

Selain fitur panggilan video, Telegram juga menambahkan beberapa perubahan pada UI. Sekarang ada dukungan untuk latar belakang animasi, diklaim yang pertama untuk aplikasi pesan. Latar belakang menampilkan pola warna berputar yang bernyawa setiap kali pengguna mengirim pesan.

Pengguna juga dapat memilih warna dan pola sendiri melalui pengaturan. Telegram mengatakan ini adalah sumber daya yang cukup ringan sehingga tidak akan menghambat kinerja perangkat atau menghabiskan terlalu banyak daya. 

Latar belakang animasi yang dibuat oleh pengguna dapat dibagikan dengan orang lain. Selain itu, animasi pengiriman pesan juga telah diperbarui dan teks, emoji, dan stiker, mirip dengan iMessage. 

Selain perubahan ini, ada juga 2 ikon aplikasi baru di iOS, pengingat info masuk, menu bot untuk menelusuri daftar perintah, bahkan lebih banyak lagi emoji animasi. Telegram juga merilis alat bagi pengembang untuk membuat aplikasi yang memungkinkan orang membuat stiker unik khusus dan mengimpornya ke Telegram dalam satu ketukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper