Kominfo Siapkan 2 Aplikasi untuk Dorong Digitalisasi UMKM

Dionisio Damara
Sabtu, 19 Juni 2021 | 19:04 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah berupaya mempercepat digitalisasi di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk membangkitkan perekonomian Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan bahwa untuk mewujudkan hal itu, pemerintah telah menyiapkan aplikasi Jaringan Pariwisata (JPHub) untuk mempercepat pelaku pariwisata dan UMKM masuk ke loka pasar atau marketplace.

JPHub merupakan platform digital yang dikembangkan oleh PT Telkom dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemenkominfo.

Selain itu, lanjutnya, JPHub juga akan terhubung dengan metode pembayaran cashless melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Gunakan kedua super aplikasi ini sebagai media perantara dari produksi-produksi UMKM dan ultra mikro untuk masuk ke marketplace,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (19/6/2021).

Berdasarkan data Asosiasi e-Commerce Indonesia per Mei 2021, sebanyak 21 persen dari target atau 13,7 juta pelaku UMKM sudah memanfaatkan marketplace untuk memasarkan usaha mereka.

Sepanjang tahun lalu, sektor ekonomi digital di Indonesia tercatat tumbuh sebesar 11 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Dengan pertumbuhan yang tinggi tersebut, ekonomi digital memberikan kontribusi pada perekonomian nasional sebesar 44 miliar dolar AS atau sekitar Rp 619 triliun.

Johnny menuturkan pemanfaatan kedua aplikasi tersebut diklaim akan mendorong pelaku UMKM Indonesia digital onboarding. Menurutnya, sebagai pilar penting GDP nasional, pemerintah berharap ada sekitar 30 juta UMKM sudah terdigitalisasi pada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper