Grab Ventures Velocity Batch 4 Fokus Kembangkan UMKM

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 10 Juni 2021 | 03:15 WIB
Ilustrasi pengemudi ojek daring Grab./Reuters-Beawiharta
Ilustrasi pengemudi ojek daring Grab./Reuters-Beawiharta
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 4 x Sembrani Wira resmi dibuka. Program akselerator kolaborasi Grab dan BRI Ventures fokus mencari perusahaan rintisan yang dapat memberikan solusi teknologi bagi UMKM, sehingga keduanya dapat tumbuh bersama.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan pada GVV Batch 4 x Sembrani Wira, Grab memilih untuk fokus pada perusahaan rintisan yang menyediakan layanan bagi UMKM. Grab menilai ada kebutuhan untuk mengembangkan lebih banyak solusi sesuai dengan kebutuhan UMKM, sehingga mereka bisa berkembang di tengah ekonomi digital. 

“UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia dan jika kami dapat lebih membantu mereka berkembang di era digital, mereka akan memainkan peran penting dalam pemulihan ekonomi bangsa,” kata Neneng dalam konferensi virtual, Rabu (9/6/2021). 

Pendaftaran program GVV Batch 4 x Sembrani Wira telah dibuka mulai 8 Juni dan akan berlangsung hingga 27 Juni 2021 melalui grab.com/blog/GVVBatch4xSembraniWira. Peserta dapat melengkapi formulir pendaftaran dan akan disaring oleh tim Grab dan BRI Ventures. 

Pengumuman startup terpilih akan dilakukan pada Juli 2021, dan mereka akan memulai perjalanan 4 bulan pelatihan, workshop, dan pengembangan produk. 

Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 4 x Sembrani Wira merupakan sebuah proyek yang menyatukan program akselerator Grab dan BRI Ventures untuk mendukung pengembangan startup di Indonesia. Dengan tema baru Scaling Up Together: Empowering Startup, Supporting Microentrepreneurs, program akselerator bersama ini bertujuan untuk mencari dan membimbing startup post-seed di Indonesia yang produk dan layanannya difokuskan untuk kebutuhan merchant dan wirausahawan mikro (UMKM).

Program akselerator ini akan diselenggarakan selama 12-16 minggu, dan para startup lokal terpilih akan mendapatkan serangkaian workshop yang akan dibawakan oleh pakar industri, serta diberikan pendampingan dan juga kesempatan untuk menguji coba produk mereka pada platform Grab selama 8 minggu. Startup terpilih juga akan memiliki kesempatan untuk menerima pendanaan dari BRI Ventures dan jaringan investornya. 

Sementara itu, CEO BRI Ventures Nicko Widjaja mengatakan BRI Ventures telah meluncurkan program akselerator Sembrani Wira Batch 1 pada awal tahun ini. Melalui program ini, BRI berkomitmen untuk mendukung dan membina pemimpin baru di industri digital Indonesia ini. 

“Melalui Sembrani Wira, kami ingin membentuk para pemimpin masa depan dan memberi mereka peluang pendanaan. Sebelumnya, kami juga telah berinvestasi pada alumni GVV seperti TaniHub dan Sayurbox. Kami tidak sabar untuk menyambut para startup di angkatan ini,” kata Nicko. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper