Stasiun Luar Angkasa Internasional Ditabrak Puing-puing Orbit

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 3 Juni 2021 | 09:06 WIB
Robot di Stasiun luar angkasa
Robot di Stasiun luar angkasa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sepotong sampah luar angkasa menabrak lengan robot di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Operator robot tersebut melihat sebuah lubang di stasiun Canadarm2 yang ditampilkan oleh Badan Antariksa Kanada akibat dari tabrakan tersebut.

Robot itu sendiri telah beroperasi di orbit sejak 2001. Temuan terjadi dari inspeksi rutin yang dilakukan pada 12 Mei, kata pejabat CSA dalam sebuah posting blog.

Para pejabat menyebut lubang itu sebagai "lucky strike" mengingat ukuran lengan yang relatif kecil, yaitu panjang 57,7 kaki (17,6 meter) dan diameter hanya 14 inci (35 sentimeter).

Ukuran lubang tidak terlihat pada gambar, foto itu juga tidak menjelaskan apakah puing-puing itu menembus lengan.

"Hasil analisis yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa kinerja lengan tetap tidak terpengaruh. Kerusakan terbatas pada bagian kecil dari lengan boom dan selimut termal," kata CSA dalam posting blog dilansir dari Livescience.

Canadarm2 dijadwalkan segera memindahkan tangan robot Kanada, Dextre, ke tempat untuk menggantikan kotak sakelar daya yang rusak yang disebut modul Remote Power Control. Baik Canadarm2 dan Dextre biasanya dioperasikan dari kantor pusat CSA di dekat Montreal, Quebec.

"Sejumlah benda kecil - mulai dari batu atau partikel debu hingga bintik-bintik cat dari satelit terlalu kecil untuk dipantau," kata CSA dalam posting blog.

Kru yang mengorbit telah melihat lubang di susunan stasiun ruang angkasa sebelumnya, seperti "lubang peluru" yang di-tweet oleh astronot Kanada Chris Hadfield selama misi terakhirnya pada 2012-13. "Lubang peluru - sebuah batu kecil dari alam semesta melewati susunan tata surya kita," tulis Hadfield pada April 2013, menduga lubang itu disebabkan oleh batu ruang angkasa kecil yang disebut mikrometeoroid.

Jaringan Pengawasan Luar Angkasa A.S. melacak dari dekat setidaknya 23.000 puing-puing ruang angkasa berukuran bola softball atau lebih besar yang diketahui di orbit; jika ada yang mendekati ISS, dapat mengubah posisinya sedikit atau NASA dapat menginstruksikan krunya untuk berlindung, yang terakhir terjadi pada bulan September.

Kerusakan dari batuan luar angkasa atau puing-puing yang mengorbit adalah salah satu ancaman utama bagi operasi ISS, bersama dengan penuaan alami (karena bagian-bagiannya telah berada di orbit sejak 1998). NASA memerangi masalah penuaan melalui perawatan rutin dan penggantian.

Seri lengan robot Canadarm memiliki status hampir ikonik di negara yang menciptakan teknologi tersebut. Canadarm2 menghiasi sisi belakang uang Kanada senilai US$5, bersama dengan Dextre dan seorang astronot.

Canadarm asli, yang melayani program pesawat ulang-alik antara 1981 dan 2011, mengerahkan banyak satelit dan misi luar angkasa, seperti Teleskop Luar Angkasa Hubble, dengan salah satu lengan kemudian diadaptasi menjadi ledakan robot untuk membantu mencari ubin yang rusak di bawah ruang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper