Setelah Jakarta, Telkomsel Uji Coba Jaringan 5G di 8 Kota Ini

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 19 Mei 2021 | 19:08 WIB
Petugas Telkomsel melakukan pemantauan kapasitas jaringan di salah satu daerah di Sumsel. istimewa
Petugas Telkomsel melakukan pemantauan kapasitas jaringan di salah satu daerah di Sumsel. istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Telkomsel disebut bakal melakukan uji coba jaringan 5G di sejumlah kota di Indonesia, tidak cuma DKI Jakarta.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan operator seluler tersebut sedang melakukan proses Uji Layak Operasi (ULO) teknologi 5G. Pada tahap awal, uji coba dilakukan di 6 lokasi residensial DKI Jakarta.

Dia menyebutkan peluncuran 5G yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, BSD, Widya Chandra dan Alam Sutera.

"Untuk kota lainnya akan dilakukan di Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan. Selanjutnya akan menyusul di berbagai kota dan lokasi prioritas lainnya," kata Johnny kepada Bisnis.com, Rabu (19/5/2021).

Johnny menjelaskan sesuai ketentuan yang berlaku, setiap operator seluler yang akan memberikan layanan seluler dengan teknologi baru wajib melakukan ULO untuk dipastikan layanan seluler kepada masyarakat telah memenuhi kualitas layanan yang memadai.

Sebelumnya, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan untuk menggelar 5G, operator seluler di seluruh dunia pertama-tama harus melakukan uji coba. Telkomsel sudah melakukan uji coba sejak 2017. Salah satu uji coba komersial 5G yang dilakukan Telkomsel adalah implementasi kendaraan tanpa awak di Asian Games 2018.

Setyanto mengatakan dengan rentetan hasil uji coba yang apik, Telkomsel percaya diri untuk meloncat ke tahap selanjutnya yaitu tahap komersial. Saat ini Telkomsel dalam tahap uji layak operasi (ULO), setelah sebelumnya menyelesaikan uji layak perangkat di Dirjen SDPPI Kemenkominfo, agar bisa menawarkan 5G secara komersial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper