Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

YouTube Siapkan Dana Rp1,4 Triliun, Saingi TikTok

YouTube menyiapkan dana hingga Rp1,4 triliun untuk menyaingi kepopuleran TikTok melalui pengembangan basis pengguna dan kreator di Shorts.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 14 Mei 2021  |  15:58 WIB
Logo Video Youtube
Logo Video Youtube

Bisnis.com, JAKARTA – Platform berbagi video, Youtube mengumumkan telah menyiapkan dana sebesar US$100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun untuk pengguna Shorts, aplikasi yang dihadirkan untuk menyaingi kepopuleran TikTok.

Dikutip melalui Business Insider, dana tersebut disebutkan menjadi upaya YouTube untuk mencoba membangun basis pengguna dan kreator di Shorts. Short sendiri dihadirkan untuk dapat bersaing dengan TikTok, Snap dan Reels dari Instagram.

"Dana ini adalah langkah pertama dalam perjalanan kami membangun model monetisasi jangka panjang untuk Shorts di YouTube," tulis YouTube dalam postingan blognya seperti dikutip, Jumat (14/5/2021).

Sekadar gambaran, Shorts adalah sebuah fitur Youtube yang menampilkan format video vertikal dengan durasi kurang dari 60 detik.

Selain itu, Google turut mengumumkan bahwa Shorts sudah berhasil menghasilkan pendapatan sebesar US$6,5 miliar pemutaran setiap hari secara global.

Untuk dana Rp1,4 triliun ini YouTube akan mulai mendistribusikan dana tersebut untuk para kreator mulai bulan depan dan akan berlangsung hingga sampai 2022.

Sementara, Shorts sendiri telah diluncurkan secara resmi di Amerika Serikat pada awal Mei 2021, setelah meluncurkan versi beta pada awal 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

youtube TikTok
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top