Cara Mudah Atur Perangkat Smart Home di Satu Aplikasi

Dewi Andriani
Selasa, 11 Mei 2021 | 15:18 WIB
Tapo Smart Home. /Tapo
Tapo Smart Home. /Tapo
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak orang bermimpi dapat membangun dan memiliki rumah pintar atau smart home. Namun, saat menggunakan beragam perangkat pintar dari merek berbeda ternyata bukan hal mudah karena aplikasinya berbeda beda.

Misalnya saja, ketika Anda berpikir memasang IP cam atau smart cam (kamera pintar) dari merek A kemudian memasang lagi smart bulb (bola lampu pintar) dari merek B. Lalu menambah pemakaian perangkat smart plug (colokan pintar) dari merek C, tentu memusingkan untuk memantau dan mengontrolnya.

Lalu bagaimana menyiasatinya?

Sebagai tips untuk memudahkan Anda dan semua penghuni rumah ataupun kantor Anda, disarankan untuk menggunakan perangkat pintar dengan merek yang sama sehingga dapat dikontrol melalui satu aplikasi yang sama.

“Kalau menggunakan satu aplikasi itu akan jauh lebih mudah dan lebih efisien, karena satu aplikasi bisa memantau dan mengontrol berbagai macam perangkat pintar di rumah,” ungkap Marketing Manager TP-Link Indonesia Yoshia, Selasa (11/5/2021).

Salah satu perangkat yang bisa digunakan untuk itu adalah Tapo App, yang dapat berfungsi seperti remote control untuk mengendalikan berbagai macam perangkat pintar dari Tapo seperti IP camera, smart plug dan smart bulb yang cukup untuk membangun ekosistem rumah pintar. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Playstore dan App Store.

Tapo merupakan subbrand dari TP-Link yang khusus menawarkan berbagai perangkat rumah pintar. Adapun perangkat yang sedang banyak diminati adalah Tapo P100 Smart Plug, Tapo C200 dan Tapo C100 IP Camera, Tapo L510E Smart Bulb, dan Tapo L530E Multicolor Smart Bulb.

Tapo P100 Smart Plug merupakan steker pintar yang dapat mengubah perangkat elektronik biasa menjadi perangkat pintar.

Pengguna cukup menghubungkan perangkat elektronik yang ada di rumah, seperti TV, teko listrik, atau setrika listrik ke Tapo P100 Smart Plug untuk dapat mengontrolnya dari Tapo App. Pengguna dapat memantau serta set timer atau menjadwalkan kapan Tapo P100 Smart Plug menyambung atau memutus arus listrik ke perangkat elektronik yang terhubung.

Sementara IP Cam Tapo C200 dan Tapo C100 merupakan tipe IP Cam dengan berbagai keunggulan HD Video: 1080p, dapat menangkap gambar yang jernih meskipun dalam keadaan gelap hingga jarak 30ft.

Fitur yang paling menarik dari kedua IP Camera ini adalah Motion Detection and Notification dimana pengguna akan mendapatkan pesan instan di Tapo App ketika kamera mengangkap gerakan yang mencurigakan.

Selain itu ada juga efek suara dan cahaya untuk keamanan yang lebih baik, audio dua arah dilengkapi dengan build-in microphone dan speaker, dan storage yang mampu merekam hingga 384 jam / setara dengan 16 hari dengan MicroSD Card 128 GB. Khusus untuk Tapo C200 memiliki jangkauan pandanganyang lebih luas dengan kemampuan rotasi 114° vertical dan 360° horizontal.

Tapo menawarkan 2 tipe smart bulb yaitu Tapo L510E dan Tapo L530E Multicolor Smart Bulb yang dapat disesuaikan sesuai dengan mood yang diinginkan, memiliki fitur schedule & timer memungkinkan untuk menghitung mundur waktu untuk menghidupkan / mematikan bohlam serta membuat jadwal untuk menghidupkan / mematikan bohlam.

Smart bulb juga memiliki mode sunrise dan sunset, artinya smart bulb nyala dan mati secara otomatis sesuai dengan time zone pengguna, kompatibel dengan perintah suara Amazon Alexa dan Google Assistant, bahkan memiliki away mode yang menyimulasikan seolah-olah rumah tidak kosong untuk menghindari kejadian tak diinginkan.

Semua perangkat ini terhubung dengan satu app, yaitu Tapo App yang berperan sebagai remote control sehingga dapat dikontrol dari mana saja dan kapan saja. Mudah kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dewi Andriani
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper