Investasi Telkomsel ke Gojek, Menkominfo: Injeksi Optimisme

Akbar Evandio
Selasa, 11 Mei 2021 | 12:28 WIB
Kolaborasi antara Telkomsel dengan Gojek./istimewa
Kolaborasi antara Telkomsel dengan Gojek./istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate memandang aksi PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dengan berinvestasi ke PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) mendorong optimisme transformasi digital.

“Kerja sama ini dapat dilihat sebagai sinyal positif sekaligus injeksi optimisme bagi pelaku pasar lainnya, baik di sektor telekomunikasi dan informatika, maupun di sektor-sektor lain, untuk semakin menyamakan langkah bersama dalam mendukung transformasi digital di Indonesia,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (11/5/2021).

Ke depannya, dia mengharapkan akan makin banyak perusahaan-perusahaan rintisan Indonesia di bidang teknologi digital yang mampu meningkatkan kolaborasi sektoral sesuai dengan segmentasi dan target pasarnya masing-masing.

Penyebabnya, Johnny melihat bagi sektor telekomunikasi dan informatika secara spesifik, upaya investasi ini makin mendorong transformasi industri telekomunikasi menuju digital telekomunikasi. Kolaborasi dengan perusahaan yang bergerak di industri teknologi digital dinilainya akan semakin mempercepat transformasi sektoral.

“Lebih dari itu, peran sektor telekomunikasi dan informatika sangat signifikan, terutama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020, yang dapat dilihat dari persentase pertumbuhan sektor tersebut tetap mencapai 10,58 persen secara tahunan [yoy], di saat perekonomian, baik nasional maupun global, mengalami kontraksi,” tuturnya.

Dengan demikian, Johnny mengatakan kerja sama strategis antara Telkomsel dan Gojek diharapkan semakin menguatkan kontribusi sektor telekomunikasi dan informatika terhadap perekonomian Indonesia di masa mendatang.

“Kami berharap, kerja sama ini semakin memacu semangat pemerintah, pelaku industri, maupun masyarakat secara umum untuk semakin meningkatkan optimalisasi pemanfaatan teknologi bagi peningkatan ekonomi dan taraf hidup bangsa yang semakin progresif, dengan tetap berpedoman pada aspek perlindungan konsumen yang kuat serta persaingan usaha yang sehat dan kompetitif,” katanya.

Johnny melanjutkan sebagai negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Asia Tenggara, Indonesia dengan karakteristik geografis yang luas dan demografis yang besar memiliki potensi yang sangat strategis dari sisi ukuran pasar maupun volume data yang dihasilkan.

Untuk itu, menurutnya, baik Gojek maupun perusahaan teknologi digital lainnya, perlu terus meluaskan cakupan dan jangkauan usahanya ke seluruh penjuru Indonesia agar dapat mengoptimalkan potensi besar yang dimiliki Indonesia secara keseluruhan.

“Gojek dan Telkomsel diharapkan dapat makin meningkatkan kolaborasi pada nilai sinergi di sisi cakupan dan jangkauan usaha, khususnya dengan menambahkan value proposition dari platform digital dan pelayanan digital, sehingga mampu membentuk suatu pemodelan strategi peningkatan konektivitas digital serta pemerataan ekonomi yang solid dan inklusif di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper