IBM Klaim Telah Buat Chip 2nm Pertama di Dunia

Akbar Evandio
Sabtu, 8 Mei 2021 | 14:48 WIB
Logo IBM/Reuters
Logo IBM/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak komputer asal Amerika Serikat, International Business Machine Corp. (IBM) mengklaim telah membuat chip dengan fabrikasi 2nm pertama di dunia.

Dikutip melalui Engadget, material ini dikatakan bisa membenamkan lebih dari 50 juta transistor ke dalam chip berukuran seujung jari manusia dan dijanjikan punya 45 persen performa lebih tinggi dibandingkan engan chip berbasis 7nm dengan konsumsi daya 75 persen lebih rendah.

Perangkat mobile dengan chip berbasis 2nm bisa punya daya tahan baterai empat kali lebih lama dibanding chip 7nm. Menurut IBM, perangkat seperti mungkin nantinya hanya perlu diisi dayanya setiap empat hari sekali.

Tidak hanya itu, laptop juga bisa mendapatkan keuntungan dari chip 2nm yang jauh lebih cepat dan kendaraan otonom yang lebih responsif dan lebih cepat.

IBM mengatakan banyak aspek lain yang bisa mendapatkan keuntungan dari chip 2nm, seperti efisiensi pangkalan data, eksplorasi ruang angkasa, kecerdasan buatan, komputasi kuantum, dan lainnya.

Namun, hingga saat ini belum ada kejelasan kapan prosesor IBM 2nm akan tersedia di perangkat konsumen. Karena pembuatan chip 2nm dan produksi massal adalah dua hal, tetapi kesulitannya sangat berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper