Penjualan Ponsel 5G Melesat pada Kuartal I/2021, Apple Memimpin

Amanda Kusumawardhani
Senin, 3 Mei 2021 | 07:50 WIB
Foto iPhone 12 Pro yang ditampilkan pada layar Macbook Pro./Bloomberg
Foto iPhone 12 Pro yang ditampilkan pada layar Macbook Pro./Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pengiriman ponsel pintar 5G ke seluruh dunia melesat 458 persen pada kuartal I/2021 dibandingkan kuartal awal tahun ini.

Berdasarkan laporan Strategy Analytic, dilansir GSM Arena, Senin (3/5/2021), penjualan ponsel pintar dengan teknologi 5G mencapai 133,9 juta sepanjang Januari-April tahun ini, atau melonjak 458 persen year on year.

Jika dirinci, Apple memimpin penjualan dengan 40,4 juta ponsel 5G pada kuartal awal tahun ini. Strategy Analytic (SA) mengkategorikan penjualan Apple naik 100 persen yoy, meski sebenarnya Apple tidak memiliki ponsel 5G pada kuartal yang sama tahun lalu.

Direktur SA Ken Hyers mengatakan Apple menjadi pemimpin ponsel pintar 5G berkat kepopuleran iPhone 12 di China, Eropa, dan Amerika Serikat dengan perangkat keras yang ramping dan harga kompetitif.

Posisi kedua ditempati oleh OPPO dengan penjualan ponsel pintar 5G sebanyak 21,5 juta atau melesat 1.164 persen secara tahunan. Posisi ketiga dan keempat diisi oleh Vivo dan Samsung dengan penjualan masing-masing 19,4 juta (naik 646 persen) dan 17 juta (naik 105 persen).

Xiaomi menduduki peringkat keempat dengan jumlah penjualan mencapai 16,6 juta atau melesat 564 persen secara tahunan.

Laporan tersebut tidak memasukkan Huawei dalam daftar karena posisinya terjun bebas akibat sanksi dari Amerika Serikat. Dengan absennya Hauwei, maka rival yang sama-sama dari China yakni OPPO, Vivo, dan Xiaomi berhasil meringsek ke posisi lima besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper