Xiaomi dan Samsung Kolaborasi Ciptakan Chip Custom Baru

Newswire
Kamis, 29 April 2021 | 21:55 WIB
Ilustrasi chip/ Bloomberg
Ilustrasi chip/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dua perusahaan teknologi Xiaomi dan Samsung dikabarkan bermitra untuk memproduksi cip custom baru. Kedua perusahaan dilaporkan telah mengadakan 5 pertemuan terkait pengembangan cip yang berbasis core ARM Cortex X2.

Dikutip tempo.co, Kamis (29/4/2021), saat ini ARM belum mengumumkan Cortex X2, meskipun arsitektur baru itu diharapkan meluncur akhir tahun ini. 

Mirip dengan kemitraan antara raksasa teknologi Cina dengan Korea Selatan itu, Qualcomm juga diperkirakan mengadopsi arsitektur v9 baru untuk cip andalannya yang akan datang.

Bahkan Samsung kemungkinan akan menggunakan inti baru untuk prosesor berbasis Exynos.

Lebih lanjut, laporan tersebut juga menambahkan Xiaomi berusaha untuk terus menggunakan GPU ARM Mali atas penawaran gabungan Samsung dan AMD. Alasannya, karena terbatasnya unit yang mungkin tersedia.

Belakangan ini, banyak perusahaan beralih ke chipset custom di pasar ponsel pintar Android. Dengan Apple telah memindahkan seri Mac dari PC ke silikon custom, Google dilaporkan sedang mengerjakan SoC 'Whitechapel' custom untuk seri Pixel 6 yang akan datang.

Namun, sebelumnya sebuah laporan menjelaskan bahwa produsen smartphone China memiliki minat untuk mengembangkan cip berbasis silikon custom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper