Apple Mulai Produksi Massal Chip Anyar Apple M2 Bulan Ini

Syaiful Millah
Rabu, 28 April 2021 | 10:03 WIB
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS/ Bloomberg
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pekan lalu, raksasa teknologi Apple mengadakan acara Spring Loaded di mana perusahaan mengungkapkan portofolio baru produk yang bakal menggunakan Apple M1, termasuk iPad Pro dan iMac baru. 

Sekarang, laporan terbaru dari Nikkei, dikutip Rabu (28/4) menyatakan perusahaan sudah mempersiapkan generasi kedua dari chipset mereka yang dinamai Apple M2. 

Menurut laporan itu, Apple bakal memperkenalkan model MacBook Pro baru berukuran 14 dan 16 inci pada WWDC 2021 Juni mendatang. Laptop itu bakal menjadi perangkat pertama yang menggunakan CPU generasi kedua perusahaan. 

Nikkei melaporkan bahwa Apple dan TSMC akan segera memproduksi chipset Apple M2 secara massal. Diperkirakan perangkat pertama yang mengusung chip anyar bakal tersedia paling cepat satu bulan setelah acara WWDC 2021 yang digelar pada bulan Juni. 

Ini berarti bahwa perusahaan kemungkinan akan mengumumkan MacBook baru di acara tersebut, tapi pengiriman akan dimulai satu bulan setelahnya. Dengan adanya krisis di industri semikonduktor, hal-hal seperti ini telah banyak diprediksi para pengamat. 

Adapun, laporan juga menyatakan bahwa Apple M2 akan dilengkapi dengan proses N5P terbaru dari TSMC. Sebagai informasi, chip Apple M1 saat ini menggunakan proses N5 (5 nanometer) yang memiliki peningkatan kecepatan 15 persen dan pengurangan konsumsi daya 30 persen dibanding proses 7 nanometer. 

Adapun, proses N5P yang baru akan meningkatkan kecepatan hingga 20 persen dan pengurangan konsumsi daya hingga 40 persen. Para pengamat menyebut prosesor ini dengan istilah 5 nanometer plus. 

Produk komputer M1 Apple sejauh ini telah meningkatkan bisnis komputer perusahaan secara menyeluruh. Menurut firma riset IDC, perusahaan mengirimkan 6,69 juga Mac pada periode Januari hingga Maret tahun ini, naik dua kali lipat pada periode yang sama tahun lalu. 

Sementara itu, sepanjang tahun lalu perusahaan diperkirakan telah mengirimkan produk Mac hingga 23 juta unit ke seluruh penjuru dunia. Kehadiran produk Apple M2 akan menjadi angin segar bagi perusahaan dan konsumen global. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper