Apple Rilis macOS 11.3, Ada Pembaruan Patch Keamanan dan Emoji Baru

Laurensia Felise
Selasa, 27 April 2021 | 12:33 WIB
Logo Apple. Secara sistem, anti-malware buatan Apple bisa melindungi dari bahaya malware.  /Bloomberg
Logo Apple. Secara sistem, anti-malware buatan Apple bisa melindungi dari bahaya malware. /Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple merilis sistem operasi terbaru dalam produk mereka, macOS 11.3 bersamaan dengan sistem operasi iOS 14.5.

Dilansir dari The Verge, Selasa (27/04/2021), pembaharuan ini dianggap merupakan sesuatu yang baik karena tidak hanya meningkatan kualitas sistem operasi untuk aplikasi iPhone dan iPad dalam Mac M1 beserta dengan Apple Music dan Podcast, tetapi juga membenarkan adanya kelemahan keamanan mayor.

Kelemahan keamanan yang dimaksud adalah kerentanan yang memungkinkan adanya malware yang masuk sistem perlindungan bawaan macOS seperti File Quarantine dan dialog pembuka dari aplikasi GateKeeper.

Meski sebenarnya secara sistem anti-malware buatan Apple bisa melindungi dari bahaya ini, perusahaan perangkat lunak Jamf menemukan bahwa kelemahan keamanan ini sedang dieksploitasi oleh para penyerang siber.

Selain itu, pembaharuan dalam perbaikan sistem keamanan ini juga dirincikan, dan disertakan dalam halaman pembaharuan keamanannya. Tidak hanya untuk macOS 11.3, pembaharuan juga berlaku pada macOS Catalina dan macOS Mojave bagi mereka yang belum memperbaharuinya ke macOS Big Sur.

Pembaharuan lain yang juga dilakukan pada sistem terbaru kali ini adalah pembaharuan pada kemampuan mengatur ukuran jendela aplikasi iPhone dan iPad pada Mac M1. Ada pun tambahannya adalah adanya dukungan pada keyboard, mouse, dan trackpad untuk gim yang mendukung adanya alat pengontrol.

Sementara itu di dalam Apple Music, pembaharuan dilakukan dengan adanya fitur autoplay di mana nantinya aplikasi Apple Music akan mengulang lagu yang mirip dengan lagu sebelumnya ketika diaktifkan.

Apple Rilis macOS 11.3, Ada Pembaruan Patch Keamanan dan Emoji Baru

Di sisi lain, pembaharuan pada News and Podcast dilakukan pada bagian halaman utama yang telah didesain ulang agar pengguna mudah menggunakannya.

Lalu untuk pembaharuan pada iOS 14.5, sistem operasi diperbaharui degan kemampuan mendeteksi AirTags dengan aplikasi Find My, adanya emoji dan suara asisten Siri terbaru, dan dukungan untuk perangkat pengontrol gim Xbox Series X dan Xbox Series S serta PlayStatin 5 DualSense.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Laurensia Felise
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper