Cara Hemat Data di Google Meet, Hanya Bisa di Indonesia & Brazil!

Rezha Hadyan
Jumat, 23 April 2021 | 22:36 WIB
Google Meet
Google Meet
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google Meet, layanan komunikasi dan konferensi via video dari Google meluncurkan serangkaian fitur baru, termasuk diantaranya penghemat data yang dikhususkan untuk pasar Brazil dan Indonesia.

Direktur Manajemen Produk Google Meet Dave Citron mengatakan fitur-fitur baru itu dirancang khusus untuk mendukung metode kerja hibrida atau campuran bekerja secara dalam jaringan dan luar jaringan(onlline dan offline), yang banyak diterapkan di masa pandemi Covid-19.

"Secara khusus, kami memperkenalkan antarmuka pengguna (UI) baru, fitur keandalan yang lebih baik yang didukung oleh Google AI terbaru, serta alat yang menjadikan rapat semakin interaktif," katanya melalui keterangan resmi pada Jumat (23/4/2021).

Lebih lanjut, Citron menjelaskan bahwa Google Meet mulai April ini dilengkapi dengan fitur penghemat data. Fitur tersebut disediakan khusus bagi pengguna di Indonesia dan Brazil sebagai upaya menekan penggunaan data jaringan seluler.

Selain itu, tampilan antarmuka Google Meet untuk versi desktop juga ikut diperbarui mulai Mei 2021.

Untuk feed video, presentasi dan menu yang ada di bagian bawah. Meet akan dilengkapi fitur untuk menampilkan gambar diri sendiri dalam rapat dan berbagai opsi untuk menapilkan vide yang muncul di laman utama.

Jika tidak ingin melihat diri sendiri, Google Meet juga menyediakan fitur untuk mengecilkan dan menyembunyikan video.

Sementara untuk fitur presentasi, Meet memperbarui fitur pin konten. Ketika pin dilepas, layar berisi presentasi akan berukuran sama dengan peserta rapat lainnya.

Google Meet juga menjanjikan kemampuan memasang pin pada beberapa video di waktu mendatang.

Menu bawah akan dikumpulkan dalam satu tempat agar pengguna lebih mudah mengontrol. Google juga memindahkan tombol mengakhiri panggilan jauh dari tombol kamera dan mikrofon agar pengguna tidak sengaja keluar dari konferensi video.

Google juga akan membawa fitur penyesuaian cahaya ke versi web, yang sebelumnya hanya tersedia di perangkat seluler. Fitur ini didukung kecerdasan buatan Google AI.

Meet juga dilengkapi fitur Zoom otomatis, memanfaatkan Google AI untuk memperbesar dan menempatkan pengguna tepat di depan kamera. Jika pengguna bergerak, fitur ini secara otomatis akan menyesuaikan agar peserta rapat tetap fokus pada hal-hal yang penting.

Fitur Zoom otomatis hanya akan tersedia bagi pengguna Google Workspace berbayar.

Google Meet juga akan menambah alat interaktif di dalam platform, dalam beberapa minggu mendatang akan ada fitur untuk mengganti latar belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper