LG dan Samsung Display Tambah Pasok Panel OLED ke Apple

Syaiful Millah
Jumat, 23 April 2021 | 15:58 WIB
Varian iPhone 12: iPhone Mini, iPhone 12, iPhone Pro, iPhone Pro Max / Sumber: Apple.com
Varian iPhone 12: iPhone Mini, iPhone 12, iPhone Pro, iPhone Pro Max / Sumber: Apple.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple sudah mulai menggunakan panel layar OLED untuk seluruh jajaran smartphone miliknya dengan seri iPhone 12. Perusahaan diperkirakan bakal terus memakai panel tersebut pada produk selanjutnya. 

Dilansir dari Gizmochina, Jumat (23/4/2021), sebuah laporan dari Omdia - analis independen di bidang telekomunikasi, media, dan teknologi - menyatakan sekitar 169 juta unit panel iPhone Oled akan dikirim tahun tahun.

Sebagai perbandingan, angka tersebut melampaui pengiriman hingga 47,6 persen dibandingkan jumlah unit yang dikirim pada tahun lalu, sebanyak 114,5 juta. Kebutuhan tersebut akan disokong oleh sejumlah perusahaan.

Laporan dari Omdia itu memperkirakan bahwa Samsung Display bakal mengirimkan sekitar 110 juta unit panel Oled untuk iPhone, sementara LG Display akan mengirimkan sekitar 50 juta unit, dan BOE dengan 9 juta unit.

Tahun lalu, Samsung Display telah menyuplai 89,6 juta unit. Sedangkan, LG Display mengapalkan pengiriman sebanyak 25 unit. Jika dibandingkan secara tahunan, pengiriman dari masing-masing perusahaan tumbuh sebesar 22,8 persen dan 100 persen.

Pada 2020, pangsa pasar panel OLED Samsung untuk iPhone adalah 78,3 persen dan mengalami penurunan menjadi 65,1 persen pada tahun ini.

Di sisi lain, pangsa pasar LG Display meningkat dari 21,8 persen tahun lalu menjadi 29,6 persen pada tahun ini. Sementara, pangsa pasar BOE yang berbasis di China menjadi 5,3 persen.

Laporan serupa juga menyebut bahwa raksasa teknologi Apple bakal menjadi pemasok panel OLED smartphone terbesar pada tahun ini, disusul dengan Samsung Electronics dan Xiaomi.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper